Radio Pas Pati 101 FM

Saluran Informasi Warga Pati

    • 52,686 hits
  • network
    Daftar Domain Gratis disini...
  • RSS BERITA TERBARU

    • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.
  • Network

    network network
    Cari Duit Hanya 15 Menit...

2 Terdakwa Penggelapan Material Bekas Rehab Gedung SMPN 5 Pati, Dijerat Dakwaan Alternatif.

Posted by pasfmpati pada September 24, 2008

pasfmpati.com [Pati, Kota] – Kasus dugaan penggelapan material bekas bongkaran rehab gedung SMP Negeri 5 Pati, Rabu pagi, 24 September 2008, disidangkan di Pengadilan Negeri Pati. Kali ini, Jaksa mengajukan 2 dari 3 terdakwa dalam kasus tersebut. Yakni 2 Pegawai Negeri Sipil PNS, dilingkungan Pemkab Pati. Kedua terdakwa (Surekto dan Suprihatin), dalam perkaranya dijerat dengan dakwaan alternatif.

Terdakwa kasus dugaan penggelapan material bekas bongkaran rehab SMP Negeri 5 Pati, Surekto, dan Suprihatin, Rabu pagi, (24/9) mulai menghadapi tuntutan hukuman di Pengadilan Negeri Pati. Dalam agenda sidang pembacaan dakwaan tersebut, Tim Jaksa Penuntut Umum, Karnida SH, Rukin SH, Mohamad Nur Azis SH, dan Indah Kurnianingsih SH, menjeratnya dengan dakwaan berlapis. Yakni dugaan atas tindak pidana korupsi seperti yang diatur dalam Undang-undang Nomor 31 tahun 19-99, yang telah diubah dan ditambah dengan Undang-undang Nomor20 tahun 2001, serta dugaan atas tidak pidana terhadap Undang-undang Nomo 5 tahun 19-92 tentang Cagar Budaya yang dilakukan bersama-sama. Dalam dakwaan Jaksa Penuntut Umum terungkap, perbuatan melawan hukum yang dilakukan terdakwa Surekto dan Suprihatin, telah turut serta dan membantu terjadinya suatu tindak melawan hukum, yang merugikan negara, dalam rehab gedung SMP Negeri 5 Pati.
Beberapa barang yang diduga digelapkan para terdakwa tersebut diantaranya, 700 keping marmer berukuran 50 x 50 cm2 dan 60 x 60 cm2 dengan tebal 5 cm, kemudian 4,423 m3 papan kayu jati, dan 5,655 m3 kayu jati balok. Berdasarkan auditor keuangan BPKP Perwakilan Jawa Tengah, material yang sudah dibongkar dan kemudian dibawa pembelinya, nilainya mencapai lebih dari Rp.96juta.
Atas dakwaan tersebut, terdakwa Surekto dan Suprihatin melalui Penasehat Hukumnya dari Biro Bantuan Hukum “SEMESTA´ Pati langsung mengajukan eksepsi atau keberatan.
Dalam eksepesinya setebal 11 halaman itu, keempat penasehat hukum terdakwa, Sunaryo SH, Theodorus Yosep Parera SH, Nurali SH, dan Weang Noto Buwono SH menyatakan, dakwaan Jaksa penuntut umum, kabur atau obscure libel dan tidak tepat atau error in persona. Karena tidak memenuhi syarat materiil surat dakwaan, dan semestinya dalam yang menjadi terdakwa adalah Sekretaris Daerah yang mengeluarkan SK tentang penghapusan bangunan lama eks Gedung SKKP SMP Negeri 5 Pati, sebagai aset Pemkab Pati.
Terhadap eksepsi atau keberatan yang diajukan terdakwa melalui penasehat hukumnya itu, tim Jaksa Penuntut Umum, akan mengajukan jawaban atas eksespsi terdakwa, yang akan dibacakan pada sidang lanjutan berikutnya, pada hari Kamis, 8 Oktober mendatang.
Kedua terdakwa juga dalam sidang tersebut, melayangkan surat permohonan penangguhan atau pengalihan penahanan kepada Majelis Hakim, yang dipimpin Hakim Ketua Tardi SH. Namun upaya terdakwa itu belum dapat dikabulkan pada sidang tersebut. Rencananya hasil permohonan itu, baru akan diputus pada sidang lanjutan berikutnya. “Ini harus kami musyawarahkan lebih dulu. Dan bagaimana hasilnya nanti, akan kami sampaikan pada sidang mendatang”, kata Tardi SH.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: