Radio Pas Pati 101 FM

Saluran Informasi Warga Pati

    • 52,732 hits
  • network
    Daftar Domain Gratis disini...
  • RSS BERITA TERBARU

    • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.
  • Network

    network network
    Cari Duit Hanya 15 Menit...

Perlu Kekompakan Untuk, Membangun Dan Berdayakan Desa.

Posted by pasfmpati pada Oktober 8, 2008

pasfmpati.com [Pati, Kota] – Kabupaten Pati, dengan sumber daya alamnya, dapat menjadi lokasi pembelajaran bagi daerah lain. Terutama dalam pengolahan singkong atau ketela, menjadi tepung tapioca, glukosa dan mokal.

Pengelolaan singkong atau ketela menjadi tepung tapioka, glukosa maupun mocal, menjadi perhatian serius Ketua Presedium Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia ICMI, Marwah Daud. Karena dalam pengelolaannya, ditopang dengan sumber daya manusia SDM yang sudah dipersiapkan, melalui sekolah – sekolah kejuruan yang ada di Kabupaten Pati.
Ketertarikan Ketua Presedium ICMI, Marwah Daud itu, diungkapkannya kepada reporter Radio PAS Pati, saat berkunjung ke SMK Tunas Harapan dan SMK Farming Pati, Senin, (7/10) kemarin. “Singkong sudah diolah ya. Bahkan saya sudah mengunjungi 3 jenis industri ya. Industri tapioka, glukosa, dan mocal. Ini ketiga-tiganya luar biasa, artinya daerah di Pati khususnya dan Jawa Tengah umumnya, dapat menjadi sumber pembelajaran di daerah – daerah lain. Saya sudah sering keluar masuk desa – desa di Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Papua, dan Nusa Tenggara ya, tampaknya kita dapat belajar dari sini”, ujar Marwah Daud.
Namun yang tidak kalah pentingnya, kata Marwah Daud, keberhasilan yang dicapai pengusaha tepung tapioka di Kabupaten Pati ini, karena didukung dengan tenaga – tenaga terdidik, terlatih dan profesional.

Untuk langkah kedepan, Marwah Daud berharap, agar para pengelola industri tepung tapioka, glukosa dan mocal di Pati, segera menjalin kerjasama yang sinergis dengan berbagai pihak. Mulai dari perbankan, pengusaha, media, Pemerintah, dan masyarakat sekitar. “Sehingga negara lain, tapi Indonesia justru bisa bangkit. Dan saya punya optimisme dengan apa yang saya lihat dan saksikan, kita sekarang ini berada dijalan menuju kebangkitan. Asal kita dapat bekerjasama dan kita dapat berfikir positif dan bisa menggali keunggulan dimasing – masing daerah”, imbuhnya.

Untuk membangkitkan dan memberdayakan masyarakat pedesaan, dari hasil kunjungannya di Kabupaten Pati, akan ditularkan melalui Perhimpunan Masyarakat Desa Nusantara PMDN, dengan harapan dapat menghimpun masyarakat berdaya, untuk bersama-sama membangun desanya. Dan mereka dapat dari kalangan berbagai profesinya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: