Radio Pas Pati 101 FM

Saluran Informasi Warga Pati

    • 52,661 hits
  • network
    Daftar Domain Gratis disini...
  • RSS BERITA TERBARU

    • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.
  • Network

    network network
    Cari Duit Hanya 15 Menit...

LSM FMPKB, Beri Tanggapan Terhadap Caleg Bermasalah

Posted by pasfmpati pada Oktober 9, 2008

pasfmpati.com [Pati, Kota] – Sejak diumumkan pada tanggal 26 September lalu, beberapa nama Calon Legislatif, yang tercantum dalam DCS, mendapat tanggapan dari masyarakat. Ada 6 calon legislative,  yang mendapatkan protes dari masyarakat melalui surat. Seperti yang dilakukan LSM Forum Masyarakat Peduli Kebijakan Publik.
Dari 592  bacaleg  yang  masuk dalam Daftar Calon Sementara DCS, yang diumumkan KPUD Pati, pada tanggal 26 September 2008 lalu,  6 nama diantaranya mendapat tanggapan dari masyarakat. Tanggapan tersebut,  Rabu, 8 Oktober 2008 lalu, disampaikan LSM Forum Masyarakat Peduli Kebijakan Publik, ke Kantor Sekretariat KPUD Pati.

Menurut Koordinator LSM Forum Masyarakat Peduli Kebijakan Publik, Sukarno, mengatakan,  tanggapannya  tersebut ditujukan terhadap 3 caleg yang dinggap tidak layak masuk Daftar caleg tetap (DCT).   Masing-masing seorang caleg dari  PDIP,  Partai Golkar, dan Partai Demokrat. “Caleg yang diusung  parpol  besar itu,  seharusnya tidak bisa lolos dalam DCT, karena masih dalam proses hukum di kepolisian, karena melakukan tindak pidana penganiayaan.   Kemudian seorang caleg lagi, terlibat  perkara  penipuan dengan calon Bupati Pati yang kalah dalam Pilkada Pati lalu.  Dan seorang lagi, seorang caleg, terlibat dalam kasus dugaan korupsi, yang  perkaranya masih dalam proses di Polda Jateng”, jelas Sukarno.

Salah seorang anggota KPUD Pati,  Endro Jatmiko yang menerima surat tanggapan tersebut, kepada PAS Pati menjelaskan, dari enam calon legislative yang mendapat surat tanggapan tadi, dua di antaranya layak dicoret. Karena menjadi pegawai di sebuah BKK yang merupakan badan Usaha Milik Daerah (BUMD). Dan sesuai UU Nomor 10 Tahun 2008, seorang caleg harus mengundurkan diri dari jabatannya sebagai PNS, anggota TNI, anggota Polri, pejabat BUMN dan BUMD  yang  tidak dapat ditarik kembali.

Kemudian mereka yang layak dicoret dari DCS,  bila mereka yang bersangkutan masih berstatus perangkat desa.  Dan untuk dapat menjadi caleg mereka juga harus mengundurkan diri lebih dulu.

Menindak-lanjuti tanggapan masyarakat tersebut, anggota  KPU Pati, Endro Jatmiko menjelaskan, dalam pekan-pekan ini, pihaknya  akan meminta klarifikasi dari para caleg tersebut. “Jika memang tanggapan itu benar dan terbukti, maka  para caleg itu, sesuai Undang-undang  Nomor 10 Tahun 2008 tentang Pemilu DPR, DPD, dan DPRD, mereka dapat dicoret, dan nama caleg di bawahnya naik. Sebab caleg yang sudah masuk dalam DCS, tidak dapat digantikan orang lain, karena dicoret sebab dianggap tidak memenuhi syarat”, jelas Endro Jatmiko.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: