Radio Pas Pati 101 FM

Saluran Informasi Warga Pati

    • 52,686 hits
  • network
    Daftar Domain Gratis disini...
  • RSS BERITA TERBARU

    • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.
  • Network

    network network
    Cari Duit Hanya 15 Menit...

Polri Masih Diidamkan Jadi Polisi Yang Baik

Posted by pasfmpati pada Oktober 9, 2008

pasfmpati.com [Pati, Kota] – Pelayanan kepolisian terhadap masyarakat, masih banyak dikeluhkan. Hal ini terbukti masih ada belasan warga Kabupaten Pati, yang mengadukan permasalahannya Central Java Police Watch (CJPW),  maupun Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas). Dari belasan  pengaduan itu,  kebanyakan mengeluhkan soal dugaan pelanggaran disiplin. penyidikan yang berpihak, dugaan memanipulasi penyidikan.

Perlakukan buruk seorang polisi, dan kurang profesionalnya penyidik dalam menyidik suatu kasus, merupakan laporan warga Pati yang  paling banyak diadukan ke Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas), dan Central Java Police Watch (CJTW).

Saat diwawancara PAS Pati, disela – sela pertemuan Kompolnas, CJPW bersama LSM, dan Pengacara, di Aula Gedung Haji Pati,  Kamis siang,  9 Oktober 2008, Ketua Central Java Police Watch (CJPW) Aris Soenarto  mengatakan, dari belasan surat warga Pati yang kecewa dengan pelayanan dengan Polres Pati,  8 diantaranya  terkait dengan perlakukan buruk personil polisi,  dan kurang profesionalnya  penyidik dalam menangani suatu perkara. “Sehingga kasus yang semestinya tidak naik menjadi naik, karena terkesan dipaksakan.  Ya .. saya  tidak tahu kepentinganya apa. Misalkan syarat sesuai pasal 184 dan 185 KUHAP tidak terpenuhi dipaksakan. Kemudian ada perkara perdata, yang  dibuat pidana, nah ini kan kasihan masyarakatnya.  Kemudian keberpihakan dalam penyidikan oleh oknum penyidik”, ungkap  Ketua Central Java Police Watch (CJPW) Aris Soenarto

Terhadap pengaduan itu,  CJPW telah menginformasikan ke pihak – pihak yang terkait untuk menindak lanjuti laporan warga tersebut. Diantaranya, ke Propam Polda, Irwasda Polda, maupun langsung ke Kapolda.

Ketua Central Java Police Watch (CJPW) Aris Soenarto mengaku,  memang dari beberapa laporan yang telah disampaikan tersebut, diantaranya ada yang sudah mulai disidik. “Kita sekarang tinggal menunggu perkembangannya bagaimana nanti. Termasuk kasus yang dilakukan oknum polisi yang melakukan tindak pidana  terkait dengan mobil bodong, pemerkosaan, kita sudah sampaikan itu, dan kita pantau terus, bagaimana hasilnya.  Yang jelas prilaku dan professional polisi, memang harus ditingkatkan”, ujar Ketua CJPW.

Ketua CJPW, Aris Sunarto mencontohkan dugaan pelanggaran disiplin oknum polisi yang tidak professional seperti kasus dugaan perkosaan yang dilakukan Ipda T,  dan  kasus  jual beli mobil bodong yang diduga dilakukan Bripda  S. “Kedua kasus itu, juga  sudah kita laporkan ke Polda, dan kami masih terus menunggu hasilnya, seperti apa nanti”, pungkas  Aris Sunarto.

Salah seorang anggota  Kompolnas,  Novel Ali  yang juga Dosen Fisip Undip, pada pertemuan itu berharap,  dengan adanya  Kompolnas ini diharapkan  kinerja polisi,  semakin menjadi  lebih baik dan professional. Apalagi  dalam  tahun  ini,   Pemerintah Pusat  akan mealokasikan anggran bagi Polri melalui APBN sebesar Rp. 25Triliyun. “Saya berharap demikian, karena  masyarakat yang menghendaki. Dan saya tidak dapat mengintervensi  Polri, karena   kewenangan Kompolnas, sebatas memberikan masukan  langsung kepada Presiden”, ujarnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: