Radio Pas Pati 101 FM

Saluran Informasi Warga Pati

    • 52,686 hits
  • network
    Daftar Domain Gratis disini...
  • RSS BERITA TERBARU

    • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.
  • Network

    network network
    Cari Duit Hanya 15 Menit...

2 Desa Di Pati Yang Rawan Bencana Alam, Jadi Sasaran TMMD.

Posted by pasfmpati pada Oktober 11, 2008

pasfmpati.com [Pati, Gabus] – 2  desa di Kabupaten Pati yang dinilai rawan bencana alam,  kini  menjadi  sasaran  pelaksanaan program Tentara Manunggal Masuk Desa (TMMD).  TMMD di Desa Gempolsari Kecamatan Gabus, dan Desa Tlogoarum Kecamatan Wedarijaksa, pelaksanaannya diresmikan di lapangan sepak bola Desa Gempolsari Kecamatan Gabus. Keberhasilan pelaksanaan program Tentara Manunggal Masuk Desa TMMD di Desa Gempolsari Kecamatan Gabus, dan Desa Tlogoarum Kecamatan Wedarijaksa,  ditentukan oleh partisipasi aktif seluruh komponen masyarakat di desa tersebut.

Demikian ditegaskan Panglima Kodam Diponegoro Mayjen TNI Haryadi Sutanto, dalam amanat tertulis yang dibacakan Komandan Kodim 0718/Pati, Letkol Infantri Sudardji, pada upacara peresmian pelaksanaan kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-81 di Lapangan Desa Gempolsari Kecamatan Gabus, Jumat (10/10).Mayjen TNI Haryadi Sutanto juga menegaskan, TMMD merupakan bentuk kepedulian dan tanggung jawab tentara untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pembangunan sarana dan prasarana publik. Melalui TMMD, tentara melibatkan pemerintah daerah, kepolisian, dan unsur-unsur masyarakat.

Kapten Infantri Mujima selaku  Perwira Seksi Teritorial yang juga sebagai Koordinator Lapangan TMMD Ke 81 di Kabupaten Pati dalam laporannya menjelaskan,  TMMD di dua desa yang dinilai rawan bencana  tersebut, lebih menitik-beratkan pembangunan dan perbaikan prasarana dan sarana umum atau fisik.

Di Desa Gempolsari Gabus, sasaran fisik pengaspalan jalan sepanjang 750 meter dan rabat beton sepanjang 1.320 meter dengan lebar 2 ½ meter, dengan sasaran tambahan pengaspalan jalan sepanjang 1.750 meter dengan lebar 2 ½ meter, dan perbaikan  2 unit Poskamling.

Sedang di Desa Tlogoarum, sasarn fisik berupa pengaspalan jalan sepanjang 2.500 meter dengan lebar 2 ½ meter,  serta sasaran tambahan pembuatan gorong-gorong, dan perbaikan 2 unit poskamling.

Selain sasaran fisik, TMMD juga mengadakan penyuluhan – penyuluhan kepada warga desa, dengan melibatkan intansi terkait. Seperti  penyuluhan  Bela Negara, Kamtibmas, Perda, Pelayanan Akta Masal, Kesehatan Ternak, pelayanan KB, pelayanan kesehatan, Olah Raga dan Anjangsana, serta pembinaan pramuka.

Pelaksanaan TMMD yang mulai berlangsung tanggal 10 hingga 20 Oktober mendatang, telah dilakukan pra manunggal  pada tanggal 22 sampai dengan  30 September 2008, dengan hasil 30 persen.

Alokasi anggaran untuk program TMMD ini, senilai lebih dari Rp.556juta, diantaranya dari APBD Propinsi senilai Rp. 146juta,  APBD Kab. Pati senilai Rp. 150juta, swadaya masyarakat senilai Rp. 60juta, dan 200 drum senilai Rp.200juta.

Satuan pelaksana TMMD, tiap harinya melibatkan 142 personil, yang terdiri dari 30 personil TNI, serta Diskimpras, Dinas Kesehatan, dan Polri masing-masing 4 orang, serta dibantu 100 warga desa.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: