Radio Pas Pati 101 FM

Saluran Informasi Warga Pati

    • 52,732 hits
  • network
    Daftar Domain Gratis disini...
  • RSS BERITA TERBARU

    • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.
  • Network

    network network
    Cari Duit Hanya 15 Menit...

Jaksa Menilai Eksepsi Penasehat Hukum Terdakwa Kasus SMP N 5 Pati, Mengada – Ada.

Posted by pasfmpati pada Oktober 14, 2008

pasfmpati.com [Pati, Kota] Sidang kasus dugaan pengelapan material bekas bongkaran rehab SMP Negeri Pati, untuk kali ketiga kembali digelar di Pengadilan Negeri Pati, Senin siang, 13 Oktober 2008. Agenda sidang dengan terdakwa mantan Kepala SMPN 5 Pati, Budi Purwanto, hari itu mendengarkan jawaban Jaksa atas eksepsi atau keberatan terdakwa.

Tahapan demi tahapan sidang terhadap kasus dugaan penggelapan material bekas rehab SMP Negeri 5 Pati, terus belanjut. Setelah pembacaan dakwaan oleh Jaksa Penuntut Umum, sidang dilanjutkan dengan eksepsi atau keberatan terdakwa terhadap dakwaan Jaksa. Dan sidang ketiga, yang digelar di Pengadilan Negeri Pati ini, Senin siang, 13 Oktober 2008 lalu, mengagendakan jawaban Jaksa atas eksepsi terdakwa.
Meski dalam eksepsinya, Penasehat Hukum terdakwa, pengacara Sabto Budoyo dari DPD PGRI Jawa Tengah menyatakan, perintah yang dilakukan oleh terdakwa dari atasannya dalam hal ini Sekda Pati. Sehingga atasan terdakwa juga harus ikut bertanggungjawab.
Tetapi, Jaksa Penuntut Umum, Jaksa Muhamad Nur Aziz SH dan Indah Kurnianingsih SH, dalam jawaban atas eksepsi terdakwa menyatakan, tetap pada dakwaan semula. Dan meminta Majelis Hakim untuk melanjutkan pemeriksaan pokok perkaranya. Apalagi dalam surat perintahnya, atasan terdakwa hanya untuk membongkar, dan tidak menyarankan untuk menjual seluruh bekas bongkaran rehab gedung SMP Negeri 5 Pati.
Setelah mendengar jawaban Jaksa atas eksepsi terdakwa tersebut, Majelis Hakim yang dipimpin Hakim Ketua Tardi SH akhirnya menunda persidangan hingga Kamis pekan ini, 16 Oktober 2008. Rencana pada sidang hari itu, Majelis Hakim yang menyidangkan perkara tersebut mengagendakan, pembacaan putusan sela.
Sementara dua terdakwa lainnya, yang terlibat dalam kasus ini, Surekno dan Suprihati, Rabu (besok/hari ini), 15 Oktober 2008, juga akan mendengarkan putusan sela, yang akan dijatuhkan Majelis Hakim.
Apakah dalam putusan selanya nanti Majelis Hakim menerima atau menolak eksepsi para terdakwa, yang disampaikan melalui Penasehat Hukumnya masing – masing. Jika eksepi terdakwa ditolak, dan menerima jawaban Jaksa atas eksepsi terdakwa, berarti sidang akan terus berlanjut.
Seperti yang sudah sering kali PAS Pati siarkan, terdakwa kasus dugaan penggelapan material bekas bongkaran rehab SMP Negeri 5 Pati, Surekto, dan Suprihatin, oleh Tim Jaksa Penuntut Umum, Karnida SH, Rukin SH, Mohamad Nur Azis SH, dan Indah Kurnianingsih SH, didakwa telah melakukan tindak pidana korupsi seperti yang diatur dalam Undang-undang Nomor 31 tahun 1999, yang telah diubah dan ditambah dengan Undang-undang Nomor20 tahun 2001, serta dugaan atas tidak pidana terhadap Undang-undang Nomo 5 tahun 1992 tentang Cagar Budaya yang dilakukan bersama-sama.
Beberapa barang yang diduga digelapkan para terdakwa tersebut diantaranya, 700 keping marmer berukuran 50 x 50 cm2 dan 60 x 60 cm2 dengan tebal 5 cm, kemudian 4,423 m3 papan kayu jati, dan 5,655 m3 kayu jati balok. Berdasarkan auditor keuangan BPKP Perwakilan Jawa Tengah, material yang sudah dibongkar dan kemudian dibawa pembelinya, nilainya mencapai lebih dari Rp.96juta.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: