Radio Pas Pati 101 FM

Saluran Informasi Warga Pati

    • 52,732 hits
  • network
    Daftar Domain Gratis disini...
  • RSS BERITA TERBARU

    • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.
  • Network

    network network
    Cari Duit Hanya 15 Menit...

Distanak Akan Segera Tindak Lanjuti, Soal Kelangkaan Pupuk Di Cluwak.

Posted by pasfmpati pada Oktober 15, 2008

pasfmpati.com [Pati, Kota] – Dinas Pertanian dan Peternakan DISTANAK Kabupaten Pati, berjanji  segera menindak-lanjuti kesulitan petani di wilayah Pati Utara, terutama di Cluwak dan Gunungwungkal.  Tidak itu saja, DISTANAK juga akan melakukan  melaporkan,  agen  maupun pengecer ke Polisi,  yang menjual pupuk dengan harga diatas ketentuan.  Kesulitan petani diwilayah Pati Utara terutama di Kecamatan Cluwak, yang terjadi sebulan lalu, segera ditindak lanjuti. Bahkan adanya sejumlah agen maupun pengecer yang diketahui menjual pupuk dengan harga diatas  harga yang ditentukan, akan dilaporkan ke Polisi.

Kepala Dinas  Pertanian dan Peternakan DISTANAK Kabupaten Pati, Ir. Pudjo Winarno, yang diwawancara PAS Pati mengatakan, terhadap kesulitan petani yang kesulitan  mendapatkan pupuk, pihaknya akan berkoordinasi lebih dulu dengan Disperindag. Karena menyangkut distribusi kewenangannya ada di Disperindag dan produsenya (Pusri). “Memang ini pemahannya dari  Distributor (Pusri) belum banyak kebutuhan, tetapi fakta dilapangan sudah.  Makanya kami akan segera undang, untuk  pesiapan ini”, tutur Ir. Pujo Winarno.

Kepala Distanak Pati, Ir Pudjo Winarno menambahkan,  petani atau kelompok petani yang mengetahui ada agen atau pengecer yang menjual pupuk dengan harga diluar ketentuan, untuk segera melaporkannya ke Polisi.  Kalau tidak dilaporkan, maka petani akan senantiasa dipermainkan, dan selalu dirugikan oleh mereka.  “Kalau memang ada temuan pengecer menjual harga pupuk diatas ketentuan,  tolong dari petani atau siapapun melaporkan hal itu ke Polisi aja  gak  apa  – apa”, pinta  Pudjo Winarno.

Seperti yang PAS Pati siarkan  tanggal 11 Oktober  lalu,  petani diwilayah Cluwak dan Gunungwungkal,  menjelang ramadhan lalu, kesulitan mendapatkan pupuk jenis urea.  Bahkan di agen maupun pengecer mulai menghilang. Dan petani mulai kesulitan untuk membelinya. ”Saya terpaksa harus membeli pupuk itu meskipun harganya tinggi. Karena kalau tidak saya beli, saya khawatir tanaman saya tidak berbuah yang berarti kerugian akan berlipat-lipat,” ujarnya kepada PAS Pati.

Mantan Kades Ngablak Wiyoso kepada PAS Pati, mengatakan,  pupuk jenis urea bermerk cap daun atau lainnya yang biasanya mudah dibeli  di agen maupun distributor, kini sudah tidak melayani lagi. Sehingga menimbulkan kekawatiran, terhadap panen tanaman padi, dan kacang mereka. “Ini jelas akan berpengaruh pada hasil panen nanti, jelas  hasil panen akan berkurang”, ungkap Wiyono.

Saat ini memang  ada tawaran harga  eceran pupuk perkilonya Rp.2.500,  tetapi  barangnya tidak ada. Padalah umumnya, pada hari – hari biasa  harga  pupuk perkilonya ditingkat pengecer dan distributor hanya Rp.1.500. Seperti yang dijual di toko kampret, dan toko ABA, dan Wijoyo Semi didaerah Tayu yang menjadi langganan petani Cluwak.

Satu Tanggapan to “Distanak Akan Segera Tindak Lanjuti, Soal Kelangkaan Pupuk Di Cluwak.”

  1. Ani said

    mau tanya Bp. Ir Pujo Winarno itu alumni mana, fak apa dan angkatan th berapa?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: