Radio Pas Pati 101 FM

Saluran Informasi Warga Pati

    • 52,661 hits
  • network
    Daftar Domain Gratis disini...
  • RSS BERITA TERBARU

    • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.
  • Network

    network network
    Cari Duit Hanya 15 Menit...

Beras 15 Ton Dicadangkan untuk Bencana

Posted by pasfmpati pada November 6, 2008

jawapos.co.id [PATI]-Masyarakat Pati yang biasa terkena bencana banjir tak perlu resah tak bisa makan. Pasalnya, pihak pemkab Pati di tahun 2008 ini masih memiliki sisa persediaan beras 15 ton untuk penanggulangan bencana banjir. Persedian beras ini masih disimpan dalam gudang Bulog. “Memang sengaja disisihkan 15 ton untuk persedian bencana. Beras ini merupakan bantuan dari Departemen Sosial kepada Kabupaten Pati, yang setiap tahunnya mendapatkan bantuan sebanyak 100 ton,” ujar Suguharto, Kepala Dinas Kesejahteraan Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat (Diskesospermas), kemarin.
Bantuan beras 100 ton dalam tahun 2008 ini, sebagian besar telah digunakan untuk penanggulan bencana banjir yang terjadi pada awal tahun 2008. Pengunaan beras yang sudah digunakan untuk korban banjir ini, sebanyak 85 ton beras.

Masih sedikitnya beras yang dicadangkan ini, dia berharap Departemen Sosial (Depsos) awal tahun sudah mencairkan bantuan lagi. Sebab, saat ini sudah memasuki musim hujan.

Datangnya musim hujan ini membuat sebagian masyarakat Pati merasa was-was akan bencana banjir kembali datang. Karena, setiap tahun Kabupaten Pati selalu terkena bencana banjir. Untuk awal tahun 2008 ini, wilayah yang terkena banjir ada di 12 kecamatan dari 21 kecamatan yang ada. Sedangkan, secara keseluruhan, desa yang terkena bencana banjir tahun ini paling tidak ada 68 desa.

Sedikitnya beras cadangan ini, Sugiharto mengatakan, bila terjadi bencana lagi tahun ini akan memprioritaskan kepada daerah yang paling parah. “Mana yang layak dibantu, akan segara dibantu,” paparnya.

Dia menjelaskan, sisa beras tersebut untuk penanganan bencana di Kabupaten Pati ini tidak cukup, mengingat luas dan banyaknya korban bencana banjir yang cukup banyak. Karena itu, Sugiharto mengungkapkan, kekurangan dana ini akan diambilan dana dana tak terduga. “Kita tidak tahu jumlahnya berapa, yang jelas tergantung besar kecilnya bencana yang terjadi. Tetapi, kita harus berharap, bencana tidak terulang lagi,” ungkap Kepala Diskesospermas. (ris)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: