Radio Pas Pati 101 FM

Saluran Informasi Warga Pati

    • 52,694 hits
  • network
    Daftar Domain Gratis disini...
  • RSS BERITA TERBARU

    • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.
  • Network

    network network
    Cari Duit Hanya 15 Menit...

Untuk Cegah Pemalsuan Paspor, Imigrasi Gunakan e-Paspor

Posted by pasfmpati pada November 6, 2008

pasfmpati.com [Pati, Kota] – Sejak dua bulan lalu, atau tepatnya bulan Agustus 2008, Kantor Imigrasi Kelas II Pati, menerapkan pembuatan paspor dengan menggunakan sistem elektronik atau e-parpor. Penerapan sistem ini, untuk mencegah terjadinya pemalsuan atau penggandaan parpor.
Untuk mencegah terjadinya pemalsuan atau penggandaan paspor, Kantor Imigrasi Kelas II Pati, sejak awal bulan Agustus lalu menerapkan sistem pembuatan paspor elektronik atau e-paspor. Penerapan ini menggunakan program komputerisasi yang terhubung ke semua system. Sehingga pembuatan paspor dapat dilakukan secara online.Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Pati, Agustinus Sigit Haryono, saat diwawancara PAS Pati diruang kerjanya menjelaskan, pembuatan paspor dengan system ini, lebih ketat dibandingkan dengan sistem Photo Terpadu Berbasis Biometrik (SPTTB) yang diterapkan sebelumnya. “Memang dalam penerapan pembuatan paspor dengan system elektronik ini, agak sedikit ketat. Karena selain dilengkapi dengan sidik jari, juga akan dilengkapi dengan sidik wajah, dan mata”, jelas Agustinus Sigit Haryono.
Tidak hanya itu, pembuatan paspor dengan system e-paspor tersebut, seluruh data orang yang pernah membuat paspor ke Kantor Imigrasi manapun. Sehingga mereka yang akan ketahuan bila seseorang yang pernah membuat paspor, ingin membuat paspor lagi atau paspor ganda.
Agustinus Sigit Haryono menjelaskan, prosedur pembuatan e-Pasport mulai dari mendaftar (mengajukan permohonan yang dilengkapi dengan syarat-syarat pembuatan pasport), pembayaran biaya pembuatan pasport, foto ( termasuk sidik jari, sidik muka dan mata), dan terakhir wawancara (data lengkap mengenai pribadi yang membuat paspor). Jika proses tahap pendaftaraan semua sudah selesai, maka selanjutnya berkas si pemohon pembuat paspor akan dikirim ke pusat secara online.“Tetapi apabila pemohon pasport berbohong belum pernah membuat paspor, namun kenyataannya sudah pernah, surat permohonan yang dikirim ke pusat akan ditolak dan dikembalikan. karena setelah dicocokkan dipusat ternyata pemohon sudah terdata pernah membuat paspor sebelumnya. Dan tentu akan ada sanksi bagi mereka yang ketahuan membuat paspor ganda,” kata Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Pati, Agustinus Sigit Haryono.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: