Radio Pas Pati 101 FM

Saluran Informasi Warga Pati

    • 52,717 hits
  • network
    Daftar Domain Gratis disini...
  • RSS BERITA TERBARU

    • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.
  • Network

    network network
    Cari Duit Hanya 15 Menit...

Pati Siapkan 3 Titik Pantau Penilian Adipura

Posted by pasfmpati pada November 8, 2008

pasfmpati.com [Pati, Kota] – Dukungan segenap komponen masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Pati, saat ini sangat diharapkan untuk menyambut penilaian lomba bergengsi kota kecil terbersih se Indonesia – Adipura. Berbagai persiapan sejak lama telah dilakukan, di lingkungan pemukiman, perkantoran, pusat keramaian maupun jalan-jalan. Bahkan untuk meningkatkan ketertiban dan kebersihan, Kantor Satpol PP telah memindahkan PKL yang berjualan siang hari dikawasan Alun-alun Simpang Lima dan Masjid Besar Pati, ke lokasi baru di kawasan Pecinan.Upaya pemerintah kabupaten Pati menyambut penilaian Adipura tahun 2008/2009 terus berlanjut. Termasuk meningkatkan kualitas di tiga tempat yang menjadi titik pantau penilaian Adipura untuk kota kecil seperti Kabupaten Pati.
Kepala Kantor Pengendalian Dampak Lingkungan Kanpedal Kabupaten Pati, Mugiharjo menjelaskan, untuk saat ini ketiga tempat yang menjadi titik pantau penilaian ini, telah dilengkapi dengan tempat pemilahan dan pengolahan sampah. “Otomatis diperumahan, di perkantoran, dan di pasar harus ada tempat pemilahan dan pengolahan sampah. Ini dulu tidak ada, lha sekarang ini baru kita persiapkan”, kata Kepala Kanpedal Pati.
Menurut Mugiharjo, pola penilaian Adipura tahun ini mengalami perubahan. Kalau penilaian Adipura sebelumnya nilai bobot fisiknya sembilan puluh persen, dan bobot nilai non fisiknya sepuluh persen. Tapi sekarang nilai bobot fisiknya delapanpuluh persen, dan bobot nilai non fisiknya dua puluh persen. “Seperti TPA yang dulu bobotnya sepuluh sekarang tinggal 9. Tapi ini ada tambahan lagi, karena yang dulu tidak ada sekarang ada. Seperti tempat pemilahan dan pengolahan sampah, hal ini menunjang dalam rangka pelaksanaan Undang-undang Nomor 18 tahun 2008 tentang persampahan, yang harus diterapkan”, jelas Mugiharjo.

Dan yang lebih penting lagi, tutur Kepala Kanpedal Kabuapten Pati, Mugiharjo, kriteria penilaian adipura yang kini sementara berjalan punya keterkaitan dengan Undang-undang Nomor 18 tahun 2008 tentang Persampahan. Untuk mendukung terciptanya UU Nomor 18 tahun 2008 itu, Pemkab Pati melarang warga di tiga tempat yang menjadi titik pantau penilaian Adipura membakar sampah.
Karena dampak yang ditimbulkan dari pembakaran sampah ini, akan mempengaruhi pada pencemaran lingkungan, dan membahayakan bagi kesehatan warganya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: