Radio Pas Pati 101 FM

Saluran Informasi Warga Pati

    • 52,732 hits
  • network
    Daftar Domain Gratis disini...
  • RSS BERITA TERBARU

    • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.
  • Network

    network network
    Cari Duit Hanya 15 Menit...

Saksi Kasus Dugaan Menggunakan Surat Palsu, Berbelit-Belit

Posted by pasfmpati pada November 11, 2008

pasfmpati.com [Pati, Kota] – Untuk kali kedua sidang kasus dugaan menggunakan surat palsu, dengan terdakwa Kades Pakis Kecamatan Tayu, Achmad Sutar, memasuki agenda pemeriksaan saksi – saksi.  Untuk tahap pertama pemeriksaan saksi – saksi ini,  dua dari  tiga orang saksi yang diperiksa keterangannya  berbelit – belit. Sedang seorang lagi, akan diperiksa keteranganya pada sidang berikutnya, Senin pekan depan,  17  November 2008.  

Sidang kali kedua  perkara atau kasus dugaan menggunakan surat palsu,  dengan terdakwa  Kades Pakis Kecamatan Tayu, Achmad Sutar kembali berlanjut.  Sidang yang digelar pada hari Senin, 10 November 2008 di Pengadilan Negeri Pati mengagendakan pemeriksaan keterangan terhadap mantan Ketua BPD Pakis dan  Sekretaris BPD periode  2.002  – 2.007, Imam Saparin,  dan  Sunaryo.
Dipersidangan keterangan kedua saksi yang dihadirkan Jaksa, H  Karyono SH MH, berbelit – belit.  Sehingga persidangan  yang mengagendakan  pemeriksaan keterangan terhadap tiga orang saksi, harus tertunda.  Bahkan  seorang saksi lainnya,  Bambang Sumantri (Kaur Keuangan) urung diperiksa keterangannya, meski sudah menjalani sumpah bersamaan saksi Imam Saparin, dan Sunaryo.

Penundaan tersebut, karena Majelis Hakim yang menyidangkan perkara tersebut, juga harus menyidangkan kasus atau perkara yang lainnya.  Diantaranya, menyidangkan kasus dugaan penggelapan material bekas bongkaran rehab Gedung SMP Negeri 5 Pati.

Sehingga  Majelis Hakim Pengadilan Negeri Pati menyatakan, sidang kasus dugaan menggunakan surat palsu, oleh terdakwa Kades Pakis Kecamatan Tayu, Achmad Sutar,  ditunda selama sepekan. Direncanakan pada hari  Senin, 17 November 2008, sidang masih mengagendakan pemeriksaan keterangan saksi-saksi.

Jaksa Penuntut Umum, H. Karyono SH MH dalam perkara ini mendakwa  terdakwa  Achmad Sutar, dengan dakwaan primer dan subsier.  Untuk dakwaan subsider, Jaksa mendakwa Achmad Sutar,  telah membuat  surat palsu bersama – sama saksi Imam Saparin, dan  Sunaryo.

Sedang untuk dakwaan subsider dan lebih subsider, terdakwa Achmad Sutar didakwa, telah menggunakan surat palsu, sebagai pertimbangan Bupati Pati untuk menerbitkan SK No. 141/317/2006, tertanggal 19 April 2006.

SK tersebut berisi penyesuaian masa jabatan Kades Pakis Kecamatan Tayu, dari 5 tahun menjadi 10 tahun.  Sehingga masa jabatannya yang mestinya berakhir pada tahun 2.007, dengan adanya SK tersebut, jabatan Kades Pakis, akan berakhir pada tahun  2.012.

Sementara  dipersidangan,  Imam Saparin dan Sunaryo  dalam kesaksiannya dihadapan Majelis Hakim, Jaksa, terdakwa Achmad Sutar dan Penasehat Hukum terdakwa  Pengacara Nimerodin Gule SH, menyatakan tidak tahu siapa pembuat surat yang diduga dipalsukan dan digunakan Kades untuk mendapatkan perpanjangan  masa jabatannya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: