Radio Pas Pati 101 FM

Saluran Informasi Warga Pati

    • 52,686 hits
  • network
    Daftar Domain Gratis disini...
  • RSS BERITA TERBARU

    • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.
  • Network

    network network
    Cari Duit Hanya 15 Menit...

15 Jenis Bonsai Dari 4 Kabupaten, Ikuti Pameran, Bursa Dan Demi Seni Bonsai Di Pati

Posted by pasfmpati pada November 16, 2008

pasfmpati.com [Pati, Kota] – Bagi pecinta tanaman bonsai, kini tidak perlu susah – susah mencarinya. Selama tiga hari mulai 14 November 2008, anda dapat melihat dari dekat pohon – pohon yang bonsai tersebut, di pelataran Basket Stadion Joyokusumo Pati. Untuk menumbuhkan kecintaan pada karya seni bonsai, Penyelenggara kegiatan Perkumpulan Penggemar Bonsai Indonesia (PPBI) Cabang Pati, juga merencanakan demo cara membuat tanaman bonsai yang bagus.Bonsai atau yang lebih dikenal sebagai tanaman kerdil, merupakan hasil penuangan karya seni. Dan jangan heran, jika tanaman hasil karya bonsai ini, harganya mampu mencapai ribuan bahkan puluhan juta rupiah. Tentu saja, bonsai yang berharga mahal itu, tak terlepas dari bentuk dan umur tanamannya.
Selama tiga hari, hingga tanggal 16 Nopember 2008 mendatang, Perkumpulan Penggemar Bonsai Indonesia (PPBI) Cabang Kabupaten Pati, yang baru terbentuk enam bulan lalu, ingin mendekatkan diri dengan para pecinta tanaman bonsai, dengan menggelar pameran bonsai, di Stadion Joyokusuma Pati.
Menurut Ketua Panitia Penyelenggara Gebyar Pameran, Bursa, dan Demo Seni Bonsai, Cahyo Waspodo, dalam pameran akan menampilkan lima belas jenis tanaman bonsai. Termasuk tanaman bonsai jenis Santigi peraih juara nasional. “Jelas Santigi, kemudian serut. Serut itu ada seribu sasper, lalu erisia atau Hokian Tea, kemudian kapasan, ada lagi beringin. Beringin itu ada tiga, beringin karet, beringin korea, terus beringin eufikis benyamina itu”, jelas Tjahyo Waspodo.

Selain pameran, tutur Cahyo Waspodo, dalam kegiatan tersebut juga digelar bursa seni bonsai. Untuk bursa bonsai ini, melibatkan seluruh anggota PPBI yang mengebunkan bonsai, dan setelah banyak kemudian mereka menjualnya ke masyarakat. Terutama untuk tanaman bonsai kawis batu atau Feronia Lucida. “Kawis batu itu dari bibit, kemudian disebar jadi besar. Bursa itu semuanya bakalan dan harganya masih murah, paling Rp.100ribu sampai Rp. 150ribu perpohon. Tapi kalau sudah jadi dan usianya sudah puluhan tahun harganya dapat mencapai Rp.17,5juta”, terangnya.

Rencana hari Minggu, 16 Nopember 2008, juga akan dilangsungkan demo cara membuat bonsai, bagi para pecinta bonsai maupun pelajar yang tertarik dengan seni bonsai.

Satu Tanggapan to “15 Jenis Bonsai Dari 4 Kabupaten, Ikuti Pameran, Bursa Dan Demi Seni Bonsai Di Pati”

  1. sumarlan (dukun) said

    kapan di adakan pameran lagi di pati biar tambah semarak dan pesertanya tambah banyak

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: