Radio Pas Pati 101 FM

Saluran Informasi Warga Pati

    • 52,717 hits
  • network
    Daftar Domain Gratis disini...
  • RSS BERITA TERBARU

    • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.
  • Network

    network network
    Cari Duit Hanya 15 Menit...

Bupati Akan Tertibkan Penambangan Galian C Di Tanah Bengkok Perangkat Desa

Posted by pasfmpati pada November 16, 2008

pasfmpati.com [Pati, Kota] – Tanah bengkok Kaur Umum Desa Guwo Kecamatan Tlogowungu, yang dijadikan lokasi penambangan bahan galian golongan C, masih menjadi pertimbangan sendiri oleh Bupati Pati Tasiman. Bahkan rencananya lokasi penambangan bahan galian golongan C akan segera ditertibkan, sebagai upaya melindungi masyarakat dari kerawanan yang tercipta dari aktifitas penambangan itu sendiri.Penggunaan tanah bengkok Kaur Umum Desa Guwo Kecamatan Tlogowungu, sebagai areal penambangan bahan galian golongan C, ternyata belum berijin resmi. Sehingga wajar jika kalangan eksekutif dan DPRD Kabupaten Pati meminta, aktifitas penambangan diareal tanah bengkok milik perangkat desa itu dihentikan sementara.
Selain belum berijin resmi, aktifitas penambangan yang sudah berlangsung hampir tiga tahun itu, mengakibatkan tekstur tanah rawan ambrol dan longsor. Sehingga ada kekawatiran, sewaktu musim hujan turun, atau getaran yang timbul akibat penambangan, dapat membahayakan bagi para penambangnya.
Bupati Pati Tasiman saat dikonfirmasi PAS Pati soal digunakanya tanah bengkok untuk lahan penambangan bahan galian golongan C menjelaskan, biasanya bengkok memang berupa tanah kemudian untuk mendapatkan hasil harus ditanami. Tetapi kalau tanah bengkok itu didalamnya ada hasil alamnya dan perlu penambangan harus ada ijin. “Tidah harus…o itu hak saya, karena itu menyangkut galian. Untuk hal ini, tetap akan saya lakukan penertiban bersama – sama, supaya nanti jangan sampai ada yang salah persepsi, supaya ada kejelasan. Sebab nanti kalau sudah habis gimana. Misalnya penggantinya besok gimana, dapat enggak ditanami atau bagaimana. Memang ini harus ditertibkan, supaya in lebih nyaman”, pinta Bupati Tasiman.

Bupati Tasiman mengakui, di wilayahnya banyak penambangan bahan galian golongan c liar yang melakukan aktifitasnya. Namun jika ada yang mengetahui, untuk segera melaporkan, atau paling tidak dapat mensosialisasikan mengenai perijinan dan resiko pekerjaan yang mereka lakukan. “Kita sendiri kadang-kadang gak tahu. Justru masyarakat yang sudah tahu malah melakukan, meski itu gak benar. Tapi kalau dari staf atau camat tahu ada hal itu, saya perintahkan mereka untuk secepatnya ditegur, atau dipanggil untuk diberi pengarahan, supaya betul – betul melakukan aturan yang benar. Semua galian c harus ada ijin, sebab kita jaga – jaga kalau ada kecelakaan siapa nanti yang bertanggungjawab. Jangan asal nambang, tapi tidak melihat resikonya”, Kata Bupati Pati.

Tanah bengkok yang dijadian areal penambangan bahan galian golongan C tersebut, diperkirakan mencapai luasan satu hektar. Dan dalam penggaliannya dilakukan secara melingkar untuk diambil batu dan pasirnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: