Radio Pas Pati 101 FM

Saluran Informasi Warga Pati

    • 52,686 hits
  • network
    Daftar Domain Gratis disini...
  • RSS BERITA TERBARU

    • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.
  • Network

    network network
    Cari Duit Hanya 15 Menit...

111 Warga Pati Terinfeksi HIV/AID, 15 Diantaranya Meninggal Dunia

Posted by pasfmpati pada November 20, 2008

pasfmpati.com [Pati, Kota] – Sejak tahun 1996 sampai menjelang akhir bulan Nopember 2008,  di Kabupaten Pati, ditemukan  111  penderita HIV/AIDS. Dan estimasinya, jumlah tersebut lebih banyak lagi, yakni dua sampai lima kali lipatnya.  Hal tersebut terungkap dalam Rapat Koordinasi Komisi Penanggulangan AIDS Daerah KPAD, diruang Kembangjoyo Setkab Pati, Kamis pagi,  20 Nopember 2008.
Penyebaran virus HIV di Kabupaten Pati, hingga tahun 2008 terus meningkat. Belum lama ini Dinas Kesehatan Dinkes Kabupaten Pati, kembali menemukan lima puluh penderita baru HIV/AIDS. Dengan penambahan ini, berarti sampai sekarang di Kabupaten Pati, terdapat seratus sebelas orang yang dinyatakan pisitif mengindap penyakit mematikan tersebut.Sebelumnya, sejak ditemukan pertama kali pada tahun 1996 sampai dengan 2007, penderita HIV/AIDS di Kabupaten Pati sekitar 61 orang.  50 penderita terbaru itu menurut Kasi P2M PLP Dinkes Pati, dr Endah Susianawati MM, 6 diantaranya meninggal dunia. “Di Kabupaten Pati sampai bulan Nopember 2008 ini, sudah tercatat 111  kasus orang terkena HIV, 15 diantaranya meninggal dunia, termasuk 2 balita dua orang.” ujarnya dr. Endah Susianawati MM.

Untuk menekan penyebaran penyakit mematikan ini,  KPA, Dinkes, RSU RAA Suwondo Pati, dan komponen global fund AIDS melakukan pola jemput bola terhadap mereka yang indikasi terinfeksi HIV/AIDS untuk melakukan pemeriksaan VCT.  Sehingga dari pemeriksaan VCT pada tahun 2008 ini ditemukan sebanyak 50 kasus. “Tetapi kita tidak pungkiri bahwa kasus HIV/AIDS sebenarnya seperti gunung es.  Dari 111 itu saya yakini ini hanya pucuknya  gunung es saja. Tetapi dibawahnya prediksinya bisa 5 kali  dari yang telah kita dapatkan.”, kata Kasi P2MPLP.

Selain mengintensifkan pemeriksaan klinik IMS di Puskesmas Batangan dan Puskesmas Margorejo,  KPAD Pati juga melakukan hal serupa di klinik VCT di RSU RAA Suwondo Pati, untuk menekan penyebaran penyakit HIV/AIDS ini

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: