Radio Pas Pati 101 FM

Saluran Informasi Warga Pati

    • 52,661 hits
  • network
    Daftar Domain Gratis disini...
  • RSS BERITA TERBARU

    • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.
  • Network

    network network
    Cari Duit Hanya 15 Menit...

Siaga DBD, Dinkes Intensifkan Pemantauan Jentik

Posted by pasfmpati pada November 22, 2008

pasfmpati.com [Pati, Kota] – Untuk mengantisipasi jatuhnya korban demam berdarah dengue di Kabupaten Pati dengan lebih terarah, perlu adanya pembantauan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) yang sistematis.  Salah satunya, Dinas Kesehatan Dinkes  Kabupaten Pati  mengintensifkan pemantauan jentik ke rumah – rumah penduduk.

Penanganan penyakit demam berdarah dengue DBD yang disebabkan oleh gigitan nyamuk aedes aegepty, hanya ada satu cara, yakni kembali menggencarkan Pemberantasan Sarang Nyamuk atau PSN.  Dan PSN ini sendiri, harus dilakukan secara serentak, yang diikuti dengan pola hidup bersih, serta menghindari adanya genangan air.

Kasi P2MPLP Dinas Kesehatan  Dinkes Kabupaten Pati, dr Indah Susianawati kepada PAS Pati mengakui, sampai sekarang masyarakat masih menggantungkan pada upaya pengasapan atau fogging.  Padahal cara ini dinilai kurang efektif, selama jentiknya masih hidup. Sebab fogging hanya akan membunuh nyamuk – nyamauk penyebab DBD yang sudah dewasa.  Namun sejumlah kegiatan kini telah dilakukan dinkes Pati, untuk mengantisipasi  serangan penyakit mematikan bernama  DBD ini. “Kamis dari Dinas Kesehatan sudah melakukan pra pencegahan sebelum terjadi demam berdarah. Yaitu pada bulan Juli dan Agustus kita telah melakukan kegiatan pelatihan terhadap kader kesehatan  disemua desa di Kabupaten Pati,  yakni pemantauan jentik berkala.” jelasnya.

Dengan adanya pemantauan jentik berkala ini, tutur dr Indah Susianawati MM, difokuskan pada tempat – tempat yang dijadikan  sarana berkembang biaknya nyamuk aedes aegepty. Seperti di kolam atau tempat – tempat penampungan air disetiap sudut rumah penduduk. Jika ditemukan adanya jentik, petugas pemantuan jentik berkala, akan segera melakukan Abatisasi. “E … pemantauan jentik ditempat – tempat itu apakah menemukan adanya jentik. Kalau ada kita akan segera melakukan abatisasi atau pemberian abate supaya jentik musnah. Kalau jentik – jentik itu musnah, nyamuknya gak ada, karena nyamuk itu datangnya dari jentik.” katanya.

Meski saat ini, Dinkes sudah menemukan kasus DBD berdasarkan pantuan dari rumah sakit – rumah sakit, tetapi jumlah pastinya belum dapat disebutkan. Namun yang pasti, upaya penanggulangan DBD telah diupayakan dengan pengasapan atau fogging  dan abatisasi, setelah mendapatkan data adanya pasien di suatu rumah sakit dengan kecurigaan DBD.

2 Tanggapan to “Siaga DBD, Dinkes Intensifkan Pemantauan Jentik”

  1. arbai said

    Fogging efektif untuk cegah outbreak bila ada kasus DBD di suatu tempat. PSN efektif cegah DBD bila serentak dan rutin sepanjang tahun. Tolong keduanya jangan dipertentangkan karena masing-masing pada tempatnya sendiri. OK?

  2. dedy said

    Fogging efektif untuk cegah outbreak bila ada kasus DBD di suatu tempat. PSN efektif cegah DBD bila serentak dan rutin sepanjang tahun. Tolong keduanya jangan dipertentangkan karena masing-masing pada tempatnya sendiri..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: