Radio Pas Pati 101 FM

Saluran Informasi Warga Pati

    • 52,686 hits
  • network
    Daftar Domain Gratis disini...
  • RSS BERITA TERBARU

    • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.
  • Network

    network network
    Cari Duit Hanya 15 Menit...

Massa FKMPPS, Berunjuk Rasa Dukung Pembangunan Pabrik Semen Di Sukolilo

Posted by pasfmpati pada Desember 1, 2008

pasfmpati.net [Pati, Kota] – Ratusan masa dari beberapa desa dan kelompok masyarakat di Sukolilo, yang tergabung dalam Forum Masyarakat Peduli Pati Selatan FMPPS, berunjuk rasa di Kantor Bakorlin Wilayah I  Pati, di Jalan Panglima Sudirman. Ratusan massa tersebut mendesak agar Pemerintah segera mengesahkan Analisa Mengenai Dampak Lingkungan AMDAL, dan  segera dibangunnya pabrik semen  PT. Semen Gresik di Sukolilo Kab. Pati.

Ratusan massa gabungan sembilan kelompok masa,  dari sebelas desa  di Kecamatan Sukolilo, berunjuk rasa mendukung pembangunan pabrik semen PT. Semen Gresik  di wilayahnya.  Aksi unjuk rasa tersebut dilakukan saat  digelarnya rapat pembahasan dokumen Analisa Dampak Lingkungan, Rencana Pengelolaan Lingkungan dan Rencana Pemantauan Lingkungan, di Aula Badan Koordinator Lintas Bakorlin Wilayah 1 Pati, Senin pagi,  1 Desember 2008.

Dengan menggunakan sebelasan trek engkel,  ratusan warga Sukolilo pendukung berdirinya pabrik semen  tersebut meneriakan yel – yel,  agar  pemerintah pusat maupun  DPR RI, mendorong terwujudnya pembangunan pabrik semen diwilayahnya. Serta meminta pihak – pihak yang tidak  ada sangkut pautnya dengan masalah tersebut, untuk tidak memperkeruh suasana masyarakat. Hal itu diungkapkan Koordinator Aksi Forum Masyarakat Peduli Pati Selatan FMPPS, Sutrisno kepada PAS Pati. “Kita minta agar AMDAL itu segera direalisasi, dan  ini adalah bukti masyarakat Sukolilo sangat antusias akan dibangunnya  pabrik semen di Sukolilo.  Karena disini Sukolilo adalah,  saya anggap ekonomi yang  dibawah standart dan banyak perantau. Sehingga mereka yang ada diperantauan,  kepingin segera pulang untuk bekerja didaerahnya sendiri, dan bisa berkumpul bersama keluarga.”,  katanya.

Mengenai adanya  kekawatiran sebagian  masyarakat, akan rusaknya ekosistem akibat dari pembangunan pabrik  semen  PT. Semen Gresik di Sukolilo,  Koordinator Aksi Forum Masyarakat Peduli Pati Selatan FMPPS, Sutrisno mengaku tidak kawatir  akan terjadinya kerusakan ekosistem.  Sebab  sesuai aturan yang sudah disosialisasikan kepada masyarakat, pihak PT. Semen Gresik tetap memperhatikan perbaikan masalah ekosistem dilokasi penambanganya, serta akan memprioritaskan peningkatan  ekonomi  masyarakat sekitar parbrik. “Jadi saya tidak kawatir dengan  yang dikatakan sekarang ini adanya kerusakan lingkungan, adanya sumber mata air yang kering itu semuanya  tidak akan terjadi.  Karna dari pabrik semen sendiri saya ketahui persis, bahwa semuanya itu sudah cukup  dimengerti  mengenai proses pembuatan  semen, dan melindungi ekosistem yang ada disitu.” tambahnya.

Sembilan  organisasi masyarakat yang melibatkan diri dalam aksi unjuk rasa tersebut diantaranya, Forum Masyarakat Sukolilo Maju, Persatuan Mandor Sukolilo, Bina Lingkungan, Tim 25 Cinta Damai, Forum Gadudero Maju,  Paguyuban Sosial Keluarga Sukolilo, Komite Mahasiswa Peduli Rakyat, Persatuan Pemuda Lugu Sukolilo, serta  Gerakan Masyarakat Asli Sukolilo.

Mereka berasal dari Desa Gadudero, Kedumulyo, Kedungwinong, Cengkalsewu,  Desa Sukolilo,  Sumbersuko, Wotan, Baturejo, Tompegunung, Kasihan, dan  Desa Baleadi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: