Radio Pas Pati 101 FM

Saluran Informasi Warga Pati

    • 52,732 hits
  • network
    Daftar Domain Gratis disini...
  • RSS BERITA TERBARU

    • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.
  • Network

    network network
    Cari Duit Hanya 15 Menit...

Stres, Berangkat Haji Dikira jadi TKW

Posted by pasfmpati pada Desember 4, 2008

soc_haj.solo BERBAGAI kejadian berlangsung di asrama haji Donohudan selama hampir satu bulan melayani kedatangan jamaah calon haji dari berbagai daerah asal Jateng, Yogya dan Kalimantan Tengah, ada yang mengharukan, menjengkelkan, dan juga yang menggelikan. Seperti yang dilakukan Chayatun binti H. Abdul Qodir (70) asal Kajen Talang Tegal sesampainya di embarkasi haji Solo Minggu (30/11) bukannya senang bersama-sama rekan-rekannya yang sebentar lagi mau berangkat ke Tanah Suci, tapi dia justru bersikeras minta pulang ke rumah.

Petugas daerah maupun satgas PPIH terus berusaha memberi pengertian dan membujuknya agar Calhaj yang tergabung kloter 78 ini bersedia merubah keinginannya, namun dia menolak. “Kula niki sampun sepuh, mboten kepengin dados TKW (Saya ini sudah tua, tidak ingin jadi TKW)”, jawabnya yang berangkat tanpa didampingi keluarga. Setelah petugas daerah berkonsultasi dengan dokter PPIH maupun dokter kloter, akhirnya Chayatun diantar pulang dengan menggunakan kendaraan dinas Depag setempat.

Adapun jamaah yang sudah diberangkatkan hingga kloter 75 sebanyak 30.223 orang. Sedangkan yang wafat di Tanah Suci bertambah  dua orang yang wafat Jumat  terdiri Moh Darodji bin Madyakin (88) asal Nampudadi Petanahan Kebumen dan Bangun Herijanto bin Saidi (55) asal Jurangombo Selatan Magelang . Ditambah lagi tiga orang yang wafat Sabtu (29/11) terdiri Subardjo bin Siswo Sudarmo (67) asal Timbang Leksana Wonosobo, Satiyem binti Karsodikromo (68) asal Tegalrejo Pekalongan, dan Sukarman Hadi Saputro bin Wongso Pawiro (72) asal Bumirejo Lendah Kulonprogo Yogya.

Diterima Jamaah

Sementara itu, 350 koper jamaah calon haji kloter 68 asal Banjarnegara yang sempat tertinggal di bandara Adisumarmo Solo secara berangsur sudah dikirim ke Arab Saudi. Pengirimannya memang tidak dapat sekali dalam penerbangan, karena dititipkan dengan keberangkatan kloter 69, 70 dan 71.

Ketua Tim Pemantau Peningkatan Pelayanan Penyelenggaraan Haji (TP4H) Jateng Dr. H. Abdul Choliq MT, MAg ketika dihubungi melalui telepon Minggu siang menjelaskan, kopor kloter 68 sudah sampai tangan jamaah di Maktab Aziziyah Janub Makkah Sabtu (29/11) sekitar pukul 15.00 waktu setempat yang diangkut dengan tiga truk.

Mengenai penyebab tidak diangkutnya kopor bersama jamaah, oleh Satgas PPIH Bidang Penerbangan Dhayu Suseno dijelaskan, setibanya di bandara Solo pesawat Boeing 747 dengan nomor GA 6411 dari Jedah ternyata palet (jaring pembungkus kopor/bagasi) yang mampu menampung 400 kopor dalam kondisi rusak. Jika kopor tersebut dimasukkan ruang bagasi tanpa dibalut palet dipastikan akan membahayakan penerbangan. Untuk itu jamaah kloter 68 yang sudah siap tetap diberangkatkan sesuai jadwal dan kopor dibawa pesawat berikutnya.

Boyolali, 30 November 2008

Humas PPIH

Akhmad Su’aidi

Satu Tanggapan to “Stres, Berangkat Haji Dikira jadi TKW”

  1. muhjamil said

    Salam Hormat, Salam Senyum Kanggo Sedulur Kabeh
    Assalamu’alaikum Wr. Wb.
    Perkenalkan, Saya H.M.Jamil,SQ,MPd ingin meminta dukungan Saudara dalam pemilihan Caleg DPR RI PPP 2009 Dapil Kebumen, Banjarnegara & Purbalingga.
    Semoga bermanfaat bagi kita semua.
    Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: