Radio Pas Pati 101 FM

Saluran Informasi Warga Pati

    • 52,694 hits
  • network
    Daftar Domain Gratis disini...
  • RSS BERITA TERBARU

    • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.
  • Network

    network network
    Cari Duit Hanya 15 Menit...

Warga Desa Sumbersari Kayen Dan PT. BIAK Perlu Berkoordinasi, Terkait Kerusakan Jalan Desa Setempat

Posted by pasfmpati pada Desember 13, 2008

pasfmpati.net [Pati, Kota] – Terjadinya  penutupan jalan desa  yang menjadi sarana transportasi trek-trek pengangkut hasil tambang phospat, oleh warga Desa Sumbersari Kecamatan Kayen,  perlu adanya komunikasi yang intensif.  Sehingga  baik perusahan penambangan phophat, maupun warga  setempat,  sama – sama diuntungkan. Terjadinya  penutupan sepihak oleh warga Desa Sumbersari, karena selama ini, perusahaan penambangan tak peduli terhadap rusaknya jalan di desa tersebut.

Penutupan jalan desa Sumbersari  Kecamatan Kayen, oleh sejumlah warga dukuh Sering Desa Sumbersari Kecamatan Kayen, Kamis pagi, 11 Desember 2008 lalu,  merupakan bentuk protes.  Semestinya hal itu tidak terjadi,  jika  warga  dan  perusahaan penambangan phospat PT BAIK,  saling berkomitmen, terhadap kerusakan jalan  yang ditimbulkan akibat hilir mudiknya trek – trek pengangkut phospat.
Bupati Pati Tasiman menanggapi  aksi penutupan jalan di desa  Sumbersari Kecamatan Kayen oleh warganya menghendaki, agar hal tersebut tidak terjadi.  Lebih baik hal semacam itu dikoordinasikan  dengan baik.  “ Sekarang  begini yang namanya PT, dia mengambil phospat dari sana,  dan mereka juga beli dari masyarakat. Sehingga  antara masyarakat  dan  PT BAIK sebagai penambang harus berkoordinasi, untuk memperhatikan jalan desa yang rusak, tanggungjawabnya  dibebankan kepada siapa. Dan maaf  lho  jika masyarakat sudah kesel kemudian memprotal jalan itu,   trek-trek pengangkut mereka kan juga gak dapat lewat”, kata Bupati Tasiman.
Sekarang ini, tutur Bupati Tasiman yang perlu  diupayakan,  Kades Sumbersari harus segera melangkah, untuk menyelesaikan permasalahan tersebut.  Karena  Kades  mempunyai tanggungjawab penuh terhadap daerah kerjanya.  Sebab kalau masyarakat yang bertindak, kata Bupati Pati, dikawatirkan malah membuat masalah semakin keruh.  “Kita menghendaki perwakilan dari rakyat, Kepala Desa memfasilitasi rakyat untuk menyampaikan keinginannya.  Saya tidak memprovokatori lho.  Bagaimana kalau masyarakat sudah melakukan penutupan seperti itu. Itulah karena ini kurang koordinasi.  Penambang bersikukuh telah membeli areal penambangan,  masak ditarik lagi untuk perbaikan jalan. Sementara masyarakat tetap pada keinginanya, agar jalan tersebut tidak rusak, maka  harus tonase harus diberlakukan. Karena jalan tersebut bukan kelasnya,  dilewati trek pengangkut hasil tambang phospat”, terang bupati.
Menurut salah seorang warga Desa Sumbersari  Kecamatan Kayen bernama Sukardi yang dihubungi wartawan, aksi yang dilakukan pada hari Kamis pagi, 11 Desember 2008 lalu, merupakan lanjutan aksi serupa sekitar dua minggu lalu.  Namun aksi penutupan jalan tadi dihentikan, setelah pihak PT BAIK berjanji akan memperbaiki jalan dalam waktu dua minggu.  Sayangnya setelah ada kesepakatan tersebut, pihak PT BAIK, tidak ada upaya memenuhi janjinya. Sehingga warga kembali melakukan aksi itu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: