Radio Pas Pati 101 FM

Saluran Informasi Warga Pati

    • 52,686 hits
  • network
    Daftar Domain Gratis disini...
  • RSS BERITA TERBARU

    • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.
  • Network

    network network
    Cari Duit Hanya 15 Menit...

Pasopati Minta Pendirian Pabrik Semen Di Sukolilo, Perhatikan Air Bersih Dan Fasilitas Pengobatan

Posted by pasfmpati pada Desember 19, 2008

pasfmpati.net [Pati, Kota] – Paguyuban Kepala dan Perangkat Desa Kabupaten Pati, [PASOPATI],  mendesak PT. Semen Gresik  dalam rencana pembangunan pabriknya di Sukolilo, harus memperhatikan keinginan masyarakat sekitarnya. Seperti  penyediaan air bersih, pendirian rumah sakit,  dan saat  pabrik operasional,  tidak mengganggu tanaman petani.

PASOPATI menginginkan rencana  PT. Semen Gresik untuk mendirikan pabriknya di Sukolilo, benar – benar memperhatikan masyarakat.  Terutama soal air bersih,  dan  penyediaan fasilitas kesehatan, seperti rumah sakit.
Hal itu terungkap saat audensi  PASOPATI bersama PT. Semen Gresik, dan Pemkab Pati, di ruang Rayung Wulan  Setda Pati, Jumat pagi,   18 Desember 2008.
Menurut Ketua II PASOPATI, Tejo Pramono,  audensi dengan PT. Semen Gresik ini merupakan usulan para Kades yang baru dilantik, dan sama sekali belum pernah dilibatkan dalam rencana pendirian pabrik tersebut.  Namun yang pasti,  PASOPATI meminta tiga hal, jika nanti pabrik  semen jadi dibangun di Sukolilo. Tidak hanya masalah air bersih, dan pendirian  fasilitas kesehatan atau pengobatan gratis, tetapi juga  operasional pabrik nantinya tidak mengganggu tanaman petani.  “Itu nanti jangan sampai mengganggu tanaman – tanaman seperti padi, jagung, karena itu kan  tanaman-tanaman yang diutamakan dan diandalkan dari Kecamatan Sukolilo. Jadi warga disana nantinya tidak ada permasalahan”, jelasnya.
Sementara itu, Humas PASOPATI, Triyono menegaskan,  kedatangan PASOPATI untu beraudensi bersama PT. Semen Gresik, bukan dalam kapasitas mendukung atau menolak. Tetapi memfasilitasi  terhadap polemik yang berkembang tentang rencana pendirian pabrik semen di Sukolilo. “Dari usulan teman-teman (Kades) di Sukolilo, ada yang merasa  belum dilibatkan, sehingga dalam waktu dekat ini, kita  minta Kades yang disana untuk  menyampaikan apa yang ada disana.Tidak ada kapasitas menolak atau menerima, gak  ada”, tegas Triyono.
General Manager Preparation PT. Semen Gresik, Sofyan Heri, menanggapi tiga keinginan yang disampaikan PASOPATI tersebut mengatakan, untuk permintaan pendirian rumah sakit di Sukolilo, PT. Semen Gresik akan melakukan evaluasi lebih dulu. Tetapi yang jelas, kata Sofyan Heri, pengobatan gratis terhadap warga Sukolilo, merupakan manifestasi perusahaan negara  yang melakukan program sosial dan program Kemitraan dan Bina Lingkungan  (PKBL) -nya.  “Kemudian jangka panjangnya bagaimana?. Yang pasti, dalam hal mengevaluasi  kesehatan, pendidikan, perekonomian itu dalam cakupan pengembangan pabrik didirikan disuatu tempat, terutama dimana tempat itu ada”, katanya.
Menggenai permintaan agar jangan ada gangguan berupa debu terhadap tanaman, Sofyan Heri menjelaskan, kalau memang hal tersebut dipandang perlu oleh PT. Semen Gresik mempersilahkan, warga untuk melakukan penelitian dengan melibatkan perguruan tinggi manapun.  “Namun yang penting konklusinya, apa yang dikonklusi oleh peneliti harus kita terima dengan baik. Apa artinya, kalau sudah ditentukan dalam penelitian, bahwa debu tidak akan merusak putik yang ada jagung, di padi maupun yang ada di tanaman mangga  itu clear. Tetapi kalau ini jadi dimanipulasi kemudian di blow up negatif selesailah  tidak akan bisa kondusfi”, terangnya.
Mengenai belum dilibatkannya para Kades di Sukolilo yang baru dilantik, Sofyan Heri mempersilahkan PASOPATI untuk memfasilitasi.  Tetapi yang jelas, semua  Kades di Sukolilo, sudah dilibatkan. Salah satunya pengalihan rencana lokasi  dari   satu  desa  ke desa lainnya.  Temasuk pengeparasan lahan deposit bahan baku semen, dari  450 hektar menjadi 170 hektar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: