Radio Pas Pati 101 FM

Saluran Informasi Warga Pati

    • 52,686 hits
  • network
    Daftar Domain Gratis disini...
  • RSS BERITA TERBARU

    • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.
  • Network

    network network
    Cari Duit Hanya 15 Menit...

Bupati Pati Anggap, Pro Dan Kontra Pembangunan Pabrik Semen Di Sukolilo, Sebagai Hal Yang Wajar

Posted by pasfmpati pada Januari 9, 2009

pasfmpati.net [Pati, Kota] – Ratusan orang yang menolak rencana pendirian pabrik semen di Kecamatan Sukolilo, yang tergabung dalam Jaringan Masyarakat Peduli Pegunungan Kendeng (JM PPK), merupakan hal yang wajar.  Perbedaan pendapat,  antara yang pro dan kontra terhadap rencana tersebut,  sebagai hal yang biasa di negara yang menjunjung demokrasi.

Meski tak  menemui ratusan orang yang tergabung dalam Jaringan Masyarakat Peduli Pegunungan Kendeng (JMPPK), saat berunjuk rasa menyampaikan penolakan rencana pendirian pabrik semen, Bupati Pati, Tasiman akhirnya juga angkat bicara, terhadap masalah tersebut.
Saat diwawancara beberapa wartawan di Pendopo Kabupaten Pati, terkait dengan penolakan yang datang dari JM PPK,  Bupati Pati Tasiman menilai,  pro – kontra dalam hal  rencana pembangunan pabrik semen di Kecamatan Sukolilo, merupakan hal yang biasa di negara demokrasi sekarang ini.  Karena  belum tentu  rencana pembangunan yang dilakukan untuk mensejahterakan kehidupan,  dapat diterima oleh semua masyarakat.  Pasti ada yang merasa tidak puas, dan menolak.  “Hanya saja saya mengajak masyarakat untuk  menyadari arti penting dari pembangunan. Karena di era otonomi daerah, Kepala Daerah dituntut dapat menggali pendapatan dari SDA  didaerahnya, selama itu tidak  merusak ekosistem yang ada. Apalagi hal ini  sudah dilakukan kajian –kajian yang mendalam”, jelasnya.
Bupati Tasiman menambahkan,  jika segala kajian sudah diupayakan dan mendapatkan legal formal dari berbagai pihak,  realisasi dari pembangunan tersebut nantinya juga dapat mensejahterakan masyarakat.  Khususnya yang ada dilingkungan proyek pembangunan tersebut. “Jadi sekarang ini tugas kita untuk mencari inves supaya masuk didaerah kita, tetapi kalau masyarakat sendiri seolah – olah koq tidak mendukung dengan adanya rencana tersebut, terus bagaimana kita. Saya mengharapkan masyarakat sadarlah, karena ini juga untuk kepentingan umum” tegasnya.
Sementara itu, hasil analisis mengenai dampak lingkungan (Amdal) terkait rencana pendirian pabrik semen di Sukolilo, Kabupaten Pati sudah dikantongi Gubernur Jateng Bibit Waluyo. Seperti yang kami kutip dari koran suara Merdeka terbitan tanggal 7 Januari kemarin, berdasarkan Amdal, kata Gubernur, pabrik semen layak dibangun di daerah Sukolilo.
Bahkan Bibit sudah mengeluarkan surat keputusan (SK) untuk menguatkan kelayakan Amdal tersebut. Dengan dikeluarkannya Amdal yang disusun tim PPLH Undip diharapkan tidak ada lagi penolakan dari warga.

2 Tanggapan to “Bupati Pati Anggap, Pro Dan Kontra Pembangunan Pabrik Semen Di Sukolilo, Sebagai Hal Yang Wajar”

  1. ach yang bener aja yang penting bisa bermanfaat bagi masyarakat banyak aja.

  2. ga perlu terlalu di tanggapi secara serius pak Bupati….. pro kontra adalah hal yang wajar. selama tidak menyalahi aturan yang ada Insya Allah akan dapat dukungan yang luas. kami salah satu kommutitas yang eksis sejak awal akan hadirnya Investor. dan kami yakin ini akan membawa perobahan ekonomi lokal. namun jangan lupa kontrol juga harus sejalan supaya tidak merusak tatanan budaya dan tradisi yang ada.menurut kami yang perlu di sikapi bagaimana program Pemkab setelah pabrik jalan..? di sinilah di butuhkan masyarakat Sukolilo bisa kompak agar apa yang kita inginkan tidak meleset jauh dari harapan.perbedaan adalah hal yang baik selama satu tujuan untuk tanah kelahiran sukolilo. mari berjuang bersama…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: