Radio Pas Pati 101 FM

Saluran Informasi Warga Pati

    • 52,732 hits
  • network
    Daftar Domain Gratis disini...
  • RSS BERITA TERBARU

    • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.
  • Network

    network network
    Cari Duit Hanya 15 Menit...

Jenazah TKI Asal Pati Diautopsi, Diduga Tewas Tak Wajar di Malaysia

Posted by pasfmpati pada Januari 10, 2009

suaramerdeka.com – SEMARANG, Sarti binti Sarpan (33), tenaga kerja Indonesia (TKI) asal RT 5 RW 3, Desa Lumbung Mas, Kecamatan Puncakwangi, Pati, pada 30 Desember 2008 tewas di Malaysia. Pihak keluarga menduga kematian ibu satu anak itu tidak wajar. Untuk memastikannya, mereka meminta jenazah Sarti diautopsi.
Permintaan keluarga dikabulkan. Beberapa saat setelah tiba di Semarang pada Jumat (9/1) pagi, jenazah Sarti langsung diautopsi oleh Tim Forensik Polda Jateng di RS Bhayangkara Semarang. Namun hasilnya baru bisa diketahui dua minggu setelah pelaksanaan autopsi.
Sarti bekerja sebagai pembantu rumah tangga (PRT) di rumah majikan bernama Chik Lam yang beralamat di No 11 Solok Concordia 10259 Penang/No Bos 6042271910/Pangkal Pinang, Malaysia. Di rumah itu, dia sudah bekerja selama empat tahun.
Menurut adik korban, Legiman, pihak keluarga merasa curiga kakaknya tersebut meninggal dengan cara tidak wajar. Pasalnya, dua hari sebelum dinyatakan meninggal, Suparmin (kakak korban) pernah dihubungi Sarti melalui telepon. Dalam pembicaraannya, Sarti menyampaikan rasa ketakutannya.
“Dia bilang minta pertolongan. Apabila tidak ada pertolongan, maka malam itu juga bisa meninggal. Tetapi dia (Sarti-red) tidak mengatakan alasannya kenapa takut dan minta pertolongan,” ungkapnya.
Informasi yang dihimpun Suara Merdeka dari pihak kerabat dan kuasa hukum menyebutkan, Sarti menuturkan di telepon kalau ia diancam oleh sejumlah preman. Namun ketika ditanya lebih lanjut, pembicaraan antara Sarti dan pihak keluarga tiba-tiba terputus.
Karena khawatir, keesokan harinya pihak keluarga menelpon majikan korban, Chik Lam, untuk menanyakan keadaan Sarti. Namun, oleh sang majikan dikatakan kalau Sarti telah meninggal dunia karena sakit.
Jenazahnya telah dibawa ke Rumah Sakit Penang, Malaysia. Jenazah Sarti dipulangkan ke Indonesia dengan pesawat MH 721, tiba di Bandara Soekarno-Hatta sekitar pukul 14.55. Selanjutnya, jenazah dibawa ke RS Bhayangkara Semarang dengan menggunakan ambulans. Setelah menjalani proses autopsi di rumah sakit tersebut selama sekitar 1 jam, jenazahnya dibawa ke rumah duka di Pati.

Penyakit Akut

Menurut keterangan rumah sakit setempat yang dikutip dari Surat Keterangan KJRI Penang, Sarti meninggal akibat penyakit ’’Acute Cerebral Edema’’.  Keluarga kaget dan berusaha mencari kebenaran kabar tersebut.
Beberapa usaha telah dilakukan. Di antaranya dengan mendatangi kantor PT Jatim Sukses Karya Bersama (JSKB), yang berlokasi di Jl Plamongan Sari Raya 14 A, Semarang, Sabtu (3/1) dan Minggu (4/1). Menurut Soemarsono, Ketua LSM Mahasiswa Masyarakat Peduli Hukum (Mamphu) yang mendampingi keluarga korban, PT JSKB adalah kantor PJTKI yang memberangkatkan Sarti ke Malaysia.
“Namun oleh pihak perusahaan yang diwakili Bapak Bambang dan Ibu Yani, penanggung jawab kantor cabang, dijawab kalau PT JSKB tidak bisa bertanggung jawab atas meninggalnya Sarti. Bahkan, korban dianggap sebagai TKI ilegal. Padahal korban kan berangkat dengan menggunakan paspor,” ungkapnya.
Ditambahkan, pihak keluarga juga diminta menyediakan biaya sebesar Rp 15 juta. Dia tidak mengetahui pasti untuk apa uang tersebut. Keluarga dan Soemarsono menganggap, alasan yang dikemukakan pihak perusahaan hanya untuk menghindar dan mengalihkan tanggung jawab.
Oleh karena itu, selain minta diautopsi, keluarga juga melapor ke Mapolda Jateng untuk menyelidiki kasus tersebut untuk mendapatkan titik terang penyebab kematian korban. Keluarga juga minta penjelasan pihak berwenang seperti Depnakertrans, BNP2TKI, Deplu, dan KBRI Malaysia, atas kasus ini. “Kami juga minta pihak berwenang menjamin perlindungan atas hak-hak kakak saya,” kata Legiman. (H21,H40,H23-60)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: