Radio Pas Pati 101 FM

Saluran Informasi Warga Pati

    • 52,686 hits
  • network
    Daftar Domain Gratis disini...
  • RSS BERITA TERBARU

    • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.
  • Network

    network network
    Cari Duit Hanya 15 Menit...

2 Saksi A Decharge, Pengusulan Perpanjangan Jabatan Kades, Tidak Harus Dari BPD

Posted by pasfmpati pada Januari 13, 2009

pasfmpati.net [Pati, Kota] – Sidang lanjutan kasus dugaan penggunaan surat palsu untuk mendapatkan  perpanjangan masa jabatan, dengan terdakwa Kades Pakis Kecamatan Tayu, kembali berlanjut, Selasa  siang, s 13 Januari 2009.  Seperti yang telah direncanakan, sidang sidang tersebut mengagendakan pemeriksaan terhadap saksi yang meringankan atau a de charge.

Terdakwa  kasus ini, Achmad Sutar  yang juga masih aktif sebagai Kades  Pakis Kecamatan Tayu, didampingi Penasehat Hukumnya, Pengacara Nimerodin Gule SH, akhirnya  dapat menghadirkan saksi – saksi yang meringankan.  Ada dua saksi  yang meringankan atau a decharge, yang dihadirkan dalam sidang tersebut,  yakni Kades Ngastorejo Kecamatan Jakenan Poniman,  dan  Kades  Semampir Kecamatan Pati,  Parmono.
Saksi a decharge Kades Ngastorejo, Poniman dalam keterangannya kepada Majelis Hakim mengatakan, tidak salamanya penambahan masa jabatan Kades dari lima tahun menjadi sepuluh tahun, berdasarkan usulan BPD. Karena dalam aturanya disebutkan wajib, maka jika BPD tidak mengusulkan Bupati berhak mengambil langkah-langkah, untuk mengangkat atau memberi perpanjangan masa jabatan Kades tanpa usulan atau persetujuan BPD. “Karena tidak adanya usulan dari BPD, maka Bupati memerintahkan Bawasda, untuk  melakukan penelitian terhadap persyaratan seorang Kades untuk mendapat perpanjangan masa jabatan”,jelasnya kepada Majelis Hakim.
Sedang saksi a decharge lainnya, Kades Semampir Kecamatan Pati, Pramono mengatakan, surat yang dipakai untuk pengajuan oleh  terdakwa Achmad Sutar,  formatnya memang dari Pemkab. Kemudian  terdakwa mengutip  format surat itu, untuk mendapatkan persetujuan Bupati.
Usai memeriksa keterangan kedua saksi a decharge,  Majelis Hakim Pengadilan Negeri Pati yang menyidangkan kasus tersebut, akhirnya menunda peridangan hingga dua pekan mendatang,  Selasa, 26 Januari 2009,  dengan agenda pembacaan  tuntutan hukuman dari Jaksa Penuntut Umum,  H Karyono SH.
Oleh Jaksa, terdakwa Achmad Sutar didakwa, telah menggunakan surat palsu, sebagai pertimbangan Bupati Pati untuk menerbitkan SK No. 141/317/2006, tertanggal 19 April 2006.   Atau melanggar pasal 266 ayat 1 jungto pasal 55 ayat 1 KUHP,  dan  pasal 263  ayat 2 KUHP.
SK tersebut berisi penyesuaian masa jabatan Kades Pakis Kecamatan Tayu, dari 5 tahun menjadi 10 tahun.  Sehingga masa jabatannya yang mestinya berakhir pada tahun 2007, dengan adanya SK tersebut, jabatan Kades Pakis, akan berakhir pada tahun  2012.

Satu Tanggapan to “2 Saksi A Decharge, Pengusulan Perpanjangan Jabatan Kades, Tidak Harus Dari BPD”

  1. kapan undang undang tentang aturan jabatan kades bisa selesai?
    kapan mulai berlaku?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: