Radio Pas Pati 101 FM

Saluran Informasi Warga Pati

    • 52,732 hits
  • network
    Daftar Domain Gratis disini...
  • RSS BERITA TERBARU

    • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.
  • Network

    network network
    Cari Duit Hanya 15 Menit...

Dapat Kritikan Pedas, Depag Bentuk Tim Evaluasi

Posted by pasfmpati pada Januari 13, 2009

pasfmpati.net [Pati, Kota] – Depag Kabupaten Pati kini mengaku resah,  menyusul terjadinya keterlambatan dalam pencairan tunjangan bagi guru yang mengikuti sertifikasi.  Belum lagi dewan maupun masyarakat mengkritik Depag, yang kedodoran dalam pelaksanaan  sertifikasi.

Terlambatnya pencairan tunjangan bagi guru yang mengikuti sertifikasi, bagi Departemen Agama (Depag) Kabupaten Pati, ibarat buah simalakama.  Selain risih,  Depag Pati juga banyak mendapat kritikan tajam dari dewan atau masyarakat, karena Depag dianggap  tidak siap melakukan Sertifikasi.
Kepala Seksi Madrasah Pendidikan Agama (Kasi Mapenda) Depag Pati, H Mintoro kepada wartawan mengatakan,  selama ini setifikasi langsung ditangani oleh Depag pusat. Sedang Depag Kabupaten Pati, hanya  bersifat memfasilitasi.  Sebagai contoh,  pelaksanaan tes juga langsung dilakukan  oleh  Depag Pusat. “Tesnya langsung dilakukan di IAIN Walisongo Semarang, dan prosesnya langsung dari Pusat,” paparnya.
Meski semuanya pelaksanaan langsung oleh Depag Pusat, tetapi Depag Pati, tetap berusaha mengatasi masalah tersebut. Karena, sertifikasi melalui Dinas Pendidikan (Disdik) bisa langsung terealisasi. Oleh karenanya,  tutur H Mintoro kepada  wartawan,  Depag Kabupaten Pati, membentuk tim evaluasi untuk melakukan laporan secara berkala. Tim  ini terdiri dari guru-guru tersertifikasi. Sedangkan pihak Depag akan memfasilitasi untuk mengajukan laporan tersebut ke kantor wilayah (Kanwil).  “Tetapi sampai saat ini laporannya belum ada yang tertulis, sehingga kami kesulitan melanjutkan ke Kanwil,” ungkapnya kepada wartawan di kantornya.
Tim yang dibentuk tersebut rencanannya akan membuat evaluasi kemudian dilaporkan lewat surat, yang berisi kendala pencairan. Karena, menurutnya, tidak semua permasalahan tersebut berasal dari Depag Pusat. “Jadi evaluasi tersebut, imbuhnya akan berurutan. Sehingga bisa dipertanggungjawabkan jika terjadi komplain dari pihak lain”, papar Mintoro.
Kepala Seksi Madrasah Pendidikan Agama (Kasi Mapenda), Depag Kabupaten Pati, H Mintoro mengakui keterlambatan yang terjadi sangat mengganggu. Pasalnya dari guru tersertifikasi di tahun 2006 sebanyak 31, dan tahun 2007 sebanyak 196, yang sudah cair hanya 30 orang. Sedangkan selebihnya, hingga kini belum ada kabar dari Depag Pusat.
Guru lain yang hingga kini menunggu pencairan, ialah guru peserta sertifikasi tahun 2008 yang berjumlah 331 orang. Masing-masing terdiri dari guru RA sebanyak 6 orang, MI 39 orang, MTs 77 orang, MA 36 orang, dan guru Pendidikan Agama Islam (PAI) di sekolah umum yang keseluruhan berjumlah 52 orang.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: