Radio Pas Pati 101 FM

Saluran Informasi Warga Pati

    • 52,661 hits
  • network
    Daftar Domain Gratis disini...
  • RSS BERITA TERBARU

    • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.
  • Network

    network network
    Cari Duit Hanya 15 Menit...

PC NU Pati, Akan Bentuk Tim Independen Sikapi Pro-Kontra Pendirian Pabrik Semen Di Pati.

Posted by pasfmpati pada Januari 13, 2009

pasfmpati.net [Pati, Kota] – Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama  PC NU Kabupaten Pati, belum menyatakan sikap maupun merekomendasikan sesuatu, dalam bahtsul masail tentang Kajian Maslahat dan Mafasadah atas rencana pendirian pabrik semen di Pati, Minggu, 11 Januari 2009 kemarin.

Diakhir kegiatan Bahtsul Masail tersebut,  PC NU  Kabupaten Pati  melalui  Wakil Rois Syuriah, KH Anis Muhamadun menyatakan,  PC NU  Kabupaten Pati masih harus mempertimbangkan matang – matang soal pernyataan sikap dan rekomendasi atas rencana pendirian pabrik semen di Pati.
Menurut KH Anis Muhamadun, untuk menyusun dan membuat penyataan sikap  dan rekomendasi, membutuhkan pertimbangan yang matang, dan tidak tergesa – gesa. “Kalau perlu kita membuat team  yang independent untuk turun ke lapangan dan studi banding ke Tuban atau Gresik, untuk mengetahui apa saja yang dirasakan masyarakat sana, mulai dari kesehatan, lingkungan, kesehatan dan sebagainya. Jadi bukan hanya mendengar,  dari nara sumber saja.  Dan mereka yang kita temui orang yang benar – benar independen, sehingga saat kita temui mereka tidak terbawa kesana dan tidak terbawa ke sini”, jelasnya.
Dengan menurunkan team independent ersebut,  ungkap KH Anis Muhamadun, diharapkan dalam penyusunan dan pembuatan pernyataan sikap dan rekomendasi, akan mendapatkan hasil  yang lebih baik.
Sementara itu,  Pakar Valuasi Ekonomi UNIKA Semarang, doktor Andreas Lako,  yang menjadi nara sumber dalam kegiatan bahtsul masail tersebut dalam makalahnya berjudul Kajian Ekonomi Hasil Sukolilo dan Permasalahanya menyimpulkan,  hasil Amdal PPLH Undip yang merekomendasikan Layak Lingkungan Bersyarat dengan merujuk pada nilai holistik sebesar mines 0,54 % patut diragukan keakuratan dan kevalidannya. Karena terdapat banyak kontradiksi dalam kesimpulan, dan rekomendasi Amdal. Selain itu banyak variable dampak negatif dari komponen sosial, ekonomi dan budaya serta kesehatan masyarakat yang tidak diperhitungkan dalam  Andal. Sehingga apabila diperhitungkan, maka besar kemungkinan rekomendasinya, tidak layak lingkungan.

“Saya katakan bahwa tidak konsisten antara kesimpulan  dan rekomendasi. Jadi rekomendasi cenderung dipaksakan, padahal dari kesimpulan sudah mengarah pada tidak layak lingkungan”, terangnya.
Sedang Pakar Pertambangan Bandung, Profesor Budi Sulistijo mengaku miris dengan adanya isu, yang menyebutkan  karst, dan semua kepentingan rakyat yang lebih dari empat puluh persen merupakan kawasan lindung. Dengan demikian,  berarti di Indonesia sudah tidak ada ruang untuk penambangan.  Padahal semua pabrik semen di Indonesia, menambang bahan bakunya di kawasan karst sesuai definisi karst.
Profesor Budi Sulistijo mengaku curiga, dengan munculknya PP yang mengatur tentang penambangan menyebutkan daerah – daerah yang boleh ditambang merupakan karst kelas satu didalam draftnya. Yakni daerah yang disekitarnya ada gua, mata air,  dan peninggalan – peninggalan sejarah memang daerah yang tidak boleh diganggu.   Tetapi ketika keluar PP,   penyebutan daerah karst kelas satu hilang. “Apa artinya ini,  kita tidak boleh membuat pabrik semen di Indonesia. Saya terus terang ngeri. Apa saya akan masuk penjara, karena saya penasehat tambang, karena ancaman hukuman tadi. Karena gak ada ruang lagi, mungkin usaha tambang akan dibiarkan saja, sebab gak ada gunanya lagi.  Kemudian masalah air,  bahwa penambangan itu tidak berada di level yang lebih atas dengan conduit – conduit  yang tadi. Sehingga tidak mengganggu sistem air yang ada”, jelas Prof. Budi Sulistijo.
Kegiatan Bahtsul Masail yang berlangsung di Kantor Sekretariat PC NU Kabupaten Pati tersebut, diikuti empat puluh ulama, pengasuh ponpes, mursyid thoriqoh, delegasi Pengurus MWC NU se Kabupaten Pati, serta Pengurus Ranting NU  Sukolilo, Kayen, Gabus, dan Tambakromo.

Satu Tanggapan to “PC NU Pati, Akan Bentuk Tim Independen Sikapi Pro-Kontra Pendirian Pabrik Semen Di Pati.”

  1. Sepertinya SG gak jadi ke Sukolilo lantaran izinnya di cabut gubernur jateng. Kini ganti ngelirik Tuban. Salut buat perjuangan anda2, meski hanya dlm postingan sekalipun.
    http://alamendah.wordpress.com/2009/05/19/mantanku-semen-dan-air-di-sukolilo/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: