Radio Pas Pati 101 FM

Saluran Informasi Warga Pati

    • 52,694 hits
  • network
    Daftar Domain Gratis disini...
  • RSS BERITA TERBARU

    • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.
  • Network

    network network
    Cari Duit Hanya 15 Menit...

Fatwa Larangan Merokok Mui, Sudah Mengakses Semua Kepentingan

Posted by pasfmpati pada Januari 28, 2009

Pasfmpati.net [Pati, Kota] – Diterbitkannya fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) yang memfatwakan, larangan merokok bagi anak-anak, ibu hamil dan merokok di tempat umum,  mendapat dukungan dari Komnas Perlindungan Anak. Bagi Komnas Perlindungan Anak, yang telah difatwakan MUI merupakan langkah yang win – win solustion.

Fatwa MUI yang melarang merokok bagi anak – anak merupakan langkah untuk melindungi  pertumbuhan kesehatan generasi muda, dari pengaruh negatif merokok itu sendiri.
Hal tersebut Ketua Komisi Nasional Perlindungan Anak (KNPA) Seto Mulyadi atau Kak Seto ungkapkan, usai menemui para korban dugaan kekerasan fisik dan pelecehan seksual mantan murid SMP Terlkom Terpadu AKN Marzuqi, di Kantor LBH Advokasi Nasional, di Jl. Raya Pati – Kayen, Senin, 26 Januari 2009 lalu.
Menurut Ketua Komnas Perlindungan Anak, Seto Mulyadi, fatwa haram yang diterbitkan Majelis Ulama Indonesia [MUI],  merupakan langkah yang win – win solution, yang diarahkan kepada anak-anak, ibu hamil, dan ditempat umum. “Konsentrasi kami, memang lebih difokuskan pada perlindungan anak dari asap rokok. Dimana asap rokok tersebut mengandung racun yang cukup berbahaya bagi proses tumbuh-kembang anak”, Sebetulnya dari arah pertama kami menghadap MUI di Jakarta, arah kami adalah pada anak – anak lebih dulu. Bahwa kemudian disadari kepentingan juga bagi orang dewasa ya, adalah langkah lebih lanjut untuk dipikirkan masyarakat yang sangat tergantung terhadap tembakau dan sebagainya. Jadi sekali lagi ini merupakan langkah win-win solution. Sehingga tidak menimbulkan problematik baru”, jelas Ketua Komnas PA yang akrab disapa Kak Seto.
Dengan diawali dari fatwa yang melarang merokok bagi  anak-anak, ibu hamil, dan ditempat umum, diharapkan masyarakat umum dapat melindungi warga negara yang memang tidak merokok, serta  terhindar dari paparan asap rokok secara pasif. “Saya kira ini apreasiasi dari MUI, untuk tetap dapat mengambil langkah tengah yang dapat win – win solution bagi berbagai pihak. Ya  itu memang sepenuhnya menjadi kewenangan ulama, karena bagaimanapun juga ulama yang memahami ini, karena ini juga untuk semua umat”, katanya.
Ketua Komnas Perlindungan Anak yang akrab disapa Kak Seto masih banyak berharap dengan keberhasilan fatwa larangan merokok dari MUI tersebut. Tetapi Komnas Perlindungan Anak, tetap konsisten memperjuangkan hak –  hak anak, untuk tumbuh kembang, hak  untuk sehat dan terhindar dari paparan asap rokok tersebut.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: