Radio Pas Pati 101 FM

Saluran Informasi Warga Pati

    • 52,694 hits
  • network
    Daftar Domain Gratis disini...
  • RSS BERITA TERBARU

    • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.
  • Network

    network network
    Cari Duit Hanya 15 Menit...

Terbukti Korupsi Kepala Smpn 5 Pati Non Aktif, Diganjar 1 Tahun Penjara

Posted by pasfmpati pada Januari 28, 2009

pasfmpati.net [Pati, Kota] – Kepala SMP Negeri 5 Pati non aktif, yang menjadi terdakwa dalam kasus dugaan pengelaplan material hasil bongkaran rehab gedung SMP Negeri 5 Pati, akhirnya di tuntut dengan hukuman kurungan  1 tahun penjara.  Putusan tersebut dijatuhkan, karena terdakwa terbukti melakukan tindak pidana korupsi, seperti yang didakwakan  Jaksa.

Majelis Hakim yang menyidangkan kasus dugaan penggelapan bekas bongkaran material rehab SMP Negeri 5 Pati, dengan terdakwa Budi Purwanto yang juga Kepala sekolah setempat non aktif, akhirnya menjatuhkan hukuman  satu tahun penjara potong masa tahanan.
Majelis Hakim  yang dipimpin Hakim Ketua, Tardi SH, didampingi Hakim Ketua, Totok Suyoto SH, dan Alimin Ribut  SH dalam amar putusannya menyatakan, terdakwa terbukti melakukan tindak pidana korupsi, seperti dakwaan pertama Jaksa Penuntut Umum. Yakni  sesuai pasal  3 jungto pasal 18 Undang-undang Nomor 31/1999.
Putusan itu dengan pertimbangan yang memberatkan, perbuatan terdakwa tidak memberikan suri tauladan yang baik bagi para guru, anak didik serta masyarakat umum.  Selain itu,  akibat perubatan terdakwa, menurunkan kewibawaan pemerintah, apalagi terdakwa sebagai seorang PNS.
Sedang pertimbangan yang meringankan, peluang terdakwa melakukan korupsi, karena tidak jalannya pengawasan di instansi tempatnya. Terdakwa juga telah mengabdi sebagai PNS  selama 25 tahun, serta terdakwa belum sempat menggunakan uang yang digelapkan.
Terhadap putusan tersebut, baik terdakwa Budi Purwanto, Pengacara Sukaryani SH, maupun Jaksa Karnida SH, menyatakan pikir – pikir selama sepekan.
Dalam sidang yang mengagendakan putusan tersebut juga terungkap, akibat perbuatan terdakwa,  total kerugian negara mencapai lebih dari Rp. 150juta. Beberapa diantaranya telah dikembalikan ke kas negara. Dan barang bukti berupa kayu jati dan lantai marmer yang disita juga dikembalikan ke negara.  Sehingga terdakwa dibebaskan dari pembayaran denda atau uang pengganti.
Pada sidang sebelumnya, terdakwa kasus dugaan penggelapan material bekas bongkaran rehab gedung SMP Negeri 5 Pati itu,  terdakwa Budi Purwanto, oleh Jaksa Penuntut Umum yang menyidangkan perkara itu dijerat dengan dakwaan berlapis.
Beberapa barang yang diduga digelapkan para terdakwa tersebut di antaranya, 700 keping marmer berukuran 50 x 50 cm2 dan 60 x 60 cm2 dengan tebal 5 cm. Kemudian 4,423 m3 papan kayu jati, dan 5,655 m3 kayu jati balok.
Berdasarkan audit BPKP Perwakilan Jawa Tengah, material yang sudah dibongkar dan dijual menyebabkan negara rugi lebih dari Rp 96 juta.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: