Radio Pas Pati 101 FM

Saluran Informasi Warga Pati

    • 52,732 hits
  • network
    Daftar Domain Gratis disini...
  • RSS BERITA TERBARU

    • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.
  • Network

    network network
    Cari Duit Hanya 15 Menit...

Warga Desa Kedumulyo, Desak Bentuk Tim Investigasi

Posted by pasfmpati pada Januari 28, 2009

pasfmpati.net [Pati, Kota] – Ratusan warga Desa Kedumulyo Kecamatan Sukolilo, kembali berunjuk rasa ke Mapolres  Pati. Mereka menuntut segera dilepaskannya 9 warga yang sekarang menjadi tahanan Polisi, dan meminta dibentuknya tim investigasi untuk mencari fakta dalam kasus penyanderaan 13 orang anggota tim survey PT. Semen Gresik.

Dengan menggunakan empat belas trek, lima ratusan warga Desa Kedumulyo Kecamatan Sukolilo berunjuk rasa didepan Mapolres Pati, di Jalan Ahmad Yani, Selasa,  27 Januari 2009.
Sekitar pukul sembilan, ratusan warga melalui sembilan kuasa hukum tim Advokasi Pegunungan Kendeng,  diterima Wakapolres Pati,Komisaris Polisi Carto Nuryanto didampingi Kabag Ops dan Kabag Min,  di ruang mantap brata.   Saat beraudensi dengan Wakapolres Pati, tim advokasi pegunungan kendeng meminta pertanggungjawaban Kapolres Pati, terkait insiden yang diduga keras dilakukan oleh  kepolisian dalam hal ini Brimob. Karena atas perbuatannya itu, sembilan tersangka yang kini jadi tahanan Mapolda Jateng, mengalami kekerasan yang sangat fatal. Tim advokasi juga meminta agar segera dibentuk tim investigasi, secara bersama – sama, antara aparata dan warga, untuk menyelidiki fakta – fakta sebenarnya yang terjadi dilapangan, dalam penyelamatan 13 anggota tim survey PT. Semen Gresik yang disandera warga. Serta  adanya pemeriksaan perkara tersebut yang prosedural dan profesional.
“Karena menurut keterangan dan fakta yang kita peroleh, sembilan orang yang ditahan dan telah ditetapkan sebagai tersangka itu, tidak semuanya melakukan tindak pidana, seperti yang dituduhkan penyidik” kata Pengacara Nimerodin Gule SH.
Wakapolres Pati, Komisaris Polisi Carto Nuryanto yang diwawancara terpisah kepada PAS Pati menjelaskan, pada prinsipnya sah – sah saja  warga melalui tim advokasi pegunungan kendeng  untuk sama-sama menegakkan hukum, dengan membentuk tim investigasi. “Tapi jawaban kita secara global, kita tahu  di TKP ada korban jelas – jelas. Anggota kita juga ada yang luka, ada pengrusakan, motor dan mobil rusak.  Serta adanya ucapan – ucapan yang serta merta menghujat kepada pemerintahan yang sah,” kata Komisaris Polisi Carto Nuryanto.
Wakapolres Pati, Komisaris Polisi Carto Nuryanto menandaskan, masalah urusan berdiri atau tidaknya pabrik semen di Sukolilo, bukan menjadi urusan Polri. Khususnya Polres Pati.  Dan kehadiran Polisi dilokasi penyanderaan waktu itu, untuk melindung dan mengamankan  terhadap korban yang disekap. Dan juga melayani  dan melindungi warga yang berbuat anarkhis.

Comments
Add New Sea

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: