Radio Pas Pati 101 FM

Saluran Informasi Warga Pati

    • 52,661 hits
  • network
    Daftar Domain Gratis disini...
  • RSS BERITA TERBARU

    • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.
  • Network

    network network
    Cari Duit Hanya 15 Menit...

Jaringan Advokasi Pegunungan Kendeng, Daftarkan Permohonan Praperadilan Terhadap Kapolres Pati.

Posted by pasfmpati pada Januari 29, 2009

pasfmpati.net [Pati, Kota] – Jaringan Advokasi Pegunungan Kendeng  (JAPK) mendaftarkan gugatan pra peradilan terhadap Kapolres Pati. Gugatan tersebut terkait, penangkapan terhadap sembilan orang oleh petugas, saat terjadi bentrok antara polisi dan warga, dalam penyelamatan 13 orang anggota tim survey PT. Semen Gresik,  Kamis,  22 Januari 2009 lalu, di Desa Kedumulyo Kecamatan Sukolilo.

Jaringan Advokasi Pegunungan Kendeng ini mendaftarkan gugatan pra peradilannya terhadap Kapolres Pati ini,  ke Pengadilan Negeri Pati,  Kamis siang,  29 Januari 2009.  Gugatan itu didaftarkan, karena proses penangkapan para terdakwa oleh  petugas Polres Pati,  dinilai menyalahi ketentuan hukum yang berlaku.  Sehingga penangkapan tersebut harus dinyatakan  tidak sah.
Salah satu Pengacara anggota Jaringan Advokasi Pegunungan Kendeng,  Azam Jauhari SH kepada PAS Pati menjelaskan, gugatan  pra peradilan yang dialamatkan ke Kapolri yang tembusanya hingga  ke Kapolres itu, karena warga beranggapan, penangkapan dan penahanan terhadap sembilan orang tersebut, berdasarkan fakta dilapangan yang dilakukan polisi, hanya menemukan satu alat bukti yang dianggap valid, yang mengarah  dalam dugaan  tindak pidana.
“Adapun keterangan yang diperoleh termohon (Kapolres),  berupa keterangan para korban tidak dapat dijadikan bukti yang dapat menguatkan para  tersangka yang melakukan tindak pidana. Karena keterangan tersebut, tidak dapat menunjukkan orang yang melakukan tindak pidana yang terjadi saat itu”,  jelas Azam Jauhari, SH.
Menurut Azam Jauhari, SH,  bukti berupa bukti keterangan  para tersangka atau pemohon, bukan alat bukti yang sah. Karena penyidikannya dilakukan dengan kekerasan, atau dibawah tekanan.
Mengenai kapan  sidang gugatan tersebut akan digelar,  Azam Jauhari, SH menyatakan, tiga atau empat hari lagi. “Kemungkinan sidangnya masih menunggu panggilan dari Panitera ya.  Biasanya tiga atau empat hari setelah didaftarkan sudah disidangkan. Insya Allah, Senin (02/02) sidangnya dimulai, tetapi kelanjutannya menunggu panggilan dari Panitera”, kata Azam Jauhari, SH.
Kesembilan tersangka yang kini mengajukan gugatan pra peradilan itu diantaranya, Agus Purwanto  warga Desa Baleadi, Mu`alim warga Desa Sukolilo, sudarto warga Desa Kedumulyo, Sutikno warga Desa Sukolilo, Sunarto warga Desa Kedumulyo, Tamsi warga Desa Kedungwinong,  Muhamad Zainul warga Desa Kedumulyo,  Sukarman warga Desa Jimbaran  Kecamatan Kayen,  Gunarto warga Desa Sukolilo, dan Sutikno warga Desa Sukolilo Kecamatan Sukolilo.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: