Radio Pas Pati 101 FM

Saluran Informasi Warga Pati

    • 52,686 hits
  • network
    Daftar Domain Gratis disini...
  • RSS BERITA TERBARU

    • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.
  • Network

    network network
    Cari Duit Hanya 15 Menit...

Sidang Pra Peradilan Kapolres Pati, Dimulai Hari Selasa

Posted by pasfmpati pada Februari 2, 2009

pasfmpati.net [Pati, Kota] – Pengadilan Negeri Pati,  hari Selasa (besok/hari ini), 3 Februari 2009, akan menggelar sidang perdana pra-peradilan Kapolres Pati. Sidang pra-peradilan tersebut terkait dengan tindakan kekerasan dan un prosedural, yang dilakukan aparat Kepolisian Resort Pati, saat terjadinya penangkapan terhadap 9 warga Kecamatan Sukolilo, sebagai tersangka kasus penyanderaan 13 orang tim survey PT. Semen Gresik, Tbk.  

Sidang praperdilan terhadap Kapolres Pati, yang dilayangkan Jaringan Advokasi Pegunungan Kendeng  (JAPK) itu, berdasarkan undangan dari Pengadilan Negeri Pati, bakal digelar pukul 9 pagi.
Seperti yang PAS Pati siarkan pada  hari Kamis lalu, 29 Januari 2009, pra-peradilan yang dimohonkan  JAPK ke Pengadilan Negeri, karena penangkapan terhadap 9 warga oleh Polisi, tanpa dilengkapi surat tugas, serta tidak memberikan surat perintah penangkapan terhadap yang bersangkutan maupun keluarganya.
Penangkapan tersebut terjadi, saat berlangsungnya upaya penyelamatan 13 orang anggota tim survey PT. Semen Gresik. Tbk, yang disandera warga Desa Kedumulyo Kecamatan Sukolilo, pada hari Kamis,  22 Januari 2009 lalu.
Menurut salah seorang anggota Kuasa Hukum JAPK, Azam Jauhari SH, proses penangkapan para terdakwa oleh  petugas Polres Pati,  dinilai menyalahi ketentuan hukum yang berlaku.  Karena saat polisi menangkap para tersangka, tanpa dilengkapi surat tugas dan tidak memberi surat perintah penangkapan kepada tersangka maupun keluarganya. Sehingga penangkapan tersebut harus dinyatakan  tidak sah.
“Pada waktu itu, para tersangka, sedang mendatangi kerumunan masa yang sedang mencoba menghentikan penelitian atau kegiatan yang dilakukan tim PT. Semen Gresik di Desa Kedumulyo.  Dan berdasarkan fakta hukum, beberapa anggota kepolisian langsung menangkap para tersangka, tanpa memperlihatkan dan menunjukkan surat tugas dan surat perintah penangkapan kepada para tersangka”, ungkap Azam Jauhari SH.
Pengacara Azam Jauhari SH juga mengatakan, penangkapan dan penahanan yang dilakukan Polres Pati, diduga kuat dilakukan dengan cara-cara kekerasan.  Hal itu dikuatkan dengan adanya luka pada bagian muka dan sekujur tubuh para tersangka, yang berlumuran darah, dan pakaian dalam kondisi robek.
Atas perlakukan aparat Polres Pati itu, Kuasa Hukum 9 tersangka yang tergagung dalam Jaringan Advokasi Pegunungan Kendeng (JAPK), dalam berkas perkara bernomor  01/Pid-Pra/2009/PN/Pt itu, juga menggugat Kapolres Pati, untuk membayar ganti rugi material dan immaterial  lebih dari  Rp. 903,6juta.
Wakil Kepala Polres Pati Carto Nuryanto,  kepada PAS Pati, menyatakan, pada prinsipnya sah – sah saja  warga melalui tim advokasi pegunungan kendeng  untuk sama-sama menegakkan hukum, dengan melakukan gugatan atau membentuk tim investigasi.  “Tapi jawaban kita secara global, kita tahu  di TKP ada korban jelas – jelas. Anggota kita juga ada yang luka, ada pengrusakan, motor dan mobil rusak.  Serta adanya ucapan – ucapan yang serta merta menghujat kepada pemerintahan yang sah,” kata Komisaris Polisi Carto Nuryanto.
Kesembilan tersangka  yang sembula ditahan di Mapolres Pati, mulai Selasa pagi, 27 Januari 2009, telah dipindahkan ke ruang tahanan Mapolda Jateng di Semarang.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: