Radio Pas Pati 101 FM

Saluran Informasi Warga Pati

    • 52,661 hits
  • network
    Daftar Domain Gratis disini...
  • RSS BERITA TERBARU

    • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.
  • Network

    network network
    Cari Duit Hanya 15 Menit...

Penandatanganan Kesepahaman Gakkumdu, Antisipasi Tindak Pidana Pemilu

Posted by pasfmpati pada Februari 3, 2009

pasmpati.net [Pati, Kota] – Untuk menyamakan pemahaman dan pola tindak dalam penanganan Pelanggaran Pidana Pemilu Legislatif Tahun 2009 secara terpadu dan terkoordinasi antara unsur Pengawas Pemilu , Kepolsian dan Kejaksaan, sepekat menandatangani Nota Kesepahaman Bersama Pembentukan Sentra Penegakkan Hukum Terpadu atau Gakkumdu.

Penandatanganan Nota Kesepahaman Bersama tentang Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) dan Pola Penanganan Perkara Pelanggaran Pidana Pemilu Legislatif tahun 2009, berlangsung di Pendopo Kabupaten Pati,  Selasa pagi, 3 Februari 2009.
Selain untuk menyamakan pemahaman dalam penanganan pelanggaran pidana pemilu legislatif tahun 2009,  kesepakatan itu juga untuk tercapainya penegakan hukum Pelanggaran Pidana Pemilu Legislatif  Tahun 2009 sesuai dengan prinsip peradilan yaitu cepat, sederhana dan biaya ringan serta bebas, jujur dan tidak memihak.
Ketua Panwas Pemilu Kabupaten Pati, Fathurohman S.Ag berharap dengan terbentuknya Sentra Gakkumdu tersebut, dapat mensinergikan kinerga, antara penyelenggara, pengawas, dan penegak hukum ditingkat kecamatan hingga desa. “Saya selaku ketua Panwalu Kabupaten Pati mengharapkan petugas panwascam untuk dapat bekerjasama untuk mendukung proses pemilu tahun 2009”, tutur Fathurrohman.
Kapolres Pati, AKBP Burhanudin SIK  tetap mengharapkan anggotanya untuk tetap netral dalam pelaksanaan Pemilu 2009 mendatang.  Serta meminta masyarakat untuk melaporkan langsung kepada  Kapolres,  bila mengetahui ada anggota polisi yang terlibat dalam politik praktis.  Bahkan bila  seorang polisi ingin terjun kedunia politik,  harus  mengajukan pensiun.  “Seperti yang dilakukan oleh Iptu Imam Suroso atau Mbah Roso, dia juga sudah mengajukan pensiun.  Dan sekarang ini yang bersangkutan memilih menjadi caleg untuk DPRRI  dari Daerah Pemilihan Jateng III”, jelas Kapolres.
Bupati Pati, Tasiman saat memberi arahan usai penandatanganan kesepakatan itu mengatakan, pelaksanaan pemilu akan berjalan aman dan damai, jika penyelenggara dan pengawas bekerja profesional dan independen. “Karena itu, jangan sampai ada oknum yang punya niat, akan memenangkan salah satu caleg”, ungkap Bupati Tasiman.
Selain Bupati Tasiman penandatanganan kesepahaman itu, juga disaksikan, Ketua DPRD Sunarwi,  Kasdim 0710/Pati, dan KPU Pati.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: