Radio Pas Pati 101 FM

Saluran Informasi Warga Pati

    • 52,717 hits
  • network
    Daftar Domain Gratis disini...
  • RSS BERITA TERBARU

    • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.
  • Network

    network network
    Cari Duit Hanya 15 Menit...

Jawaban Termohon Pra-Peradilan, Anggapan Penangkapan & Penahanan Sesuai Prosedur

Posted by pasfmpati pada Februari 4, 2009

pasfmpati.net [Pati, Kota] – Sidang lanjutan pra-peradilan 9 tersangka kasus dugaan penyanderaan 13 anggota tim survey PT. Semen Gresik Tbk, melawan Kapolres Pati,  Rabu siang, 4 Februari 2009, kembali dilanjutkan. Sidang lanjutan hari kedua ini, mengagendakan mendengarkan jawaban dari kuasa hukum termohon Kapolres Pati.

Kompolwan Masruroh dan  Bambang Indra SH dari Badan Pembinaan Hukum (Babinkum) Polda Jawa Tengah menolak seluruh isi gugatan para pemohon. Karena para pemohon, waktu itu tertangkap tangan.  Sehingga dengan tertangkap tangannya mereka, penangkapan sekaligus penahannya sah. Oleh karena itu,  Kuasa Hukum termohon meminta agar Majelis Hakim menolak gugatan pemohon.
Demikian inti jawaban atau eksepsi termohon, atas gugatan pra peradilan yang diajukan 9 tersangka kasus dugaan penyanderaan, atas 13 anggota tim survey PT. Semen Gresik Tbk, yang digelar di Pengadilan Negeri Pati,  Rabu siang,  4 Februari 2009.
Usai pembacaan tersebut, tim kuasa hukum pemohon dari JAPK dalam repliknya kepada Majelis Hakim yang dipimpin Hakim Ketua, FX Hanung Dwi Wibowo, SH menyatakan tetap pada gugatan semula. Demikian halnya dengan tim kuasa hukum termohon, Kompolwan Masruroh dan Bambang Indra SH, dalam dupliknya juga menyatakan tetap pada  jawaban semula.
Sidang akhirnya dilanjutkan Kamis pagi,  5 Februari 2009, dengan agenda pembuktian surat – surat, baik dari termohon maupun pemohon, yang diikuti dengan pemeriksaan terhadap para saksi dari pemohon.
Seperti yang terungkap dipersidangan sebelumnya, gugatan pra peradilan tersebut diajukan warga Kedumulyo melalui  Jaringan Advokasi Pegunungan Kendeng (JAPK), terkait dengan penangkapan serta penahanan terhadap 9 pemohon oleh Polres  dianggap tidak sah. Karena saat penangkapan dan penahanan mereka yang diduga terlibat dalam kericuhan saat berlangsungnya penyelamatan 13 anggota tim survey PT. Semen Gresik Tbk, tanpa dilengkapi surat perintah penangkapan & penahanan.
Sehingga dalam posita gugatannya, para pemohon meminta Majelis Hakim agar memerintahkan Kepolisian, membebaskan dan mengeluarkan kesembilan tersangka yang ditangkap sejak tanggal 22 Januari lalu, dari tahanan Mabes Polda Jateng.
Selain itu TPM juga meminta agar Majelis Hakim memutuskan menghukum termohon Polres Pati selaku termohon membayar ganti rugi atas penangkapan dan penahanan yang dianggap tidak sah masing-masing sebesar Rp 100,4 juta.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: