Radio Pas Pati 101 FM

Saluran Informasi Warga Pati

    • 52,661 hits
  • network
    Daftar Domain Gratis disini...
  • RSS BERITA TERBARU

    • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.
  • Network

    network network
    Cari Duit Hanya 15 Menit...

Kades Pakis Tayu, Dituntut 1 Tahun Penjara

Posted by pasfmpati pada Februari 4, 2009

pasfmpati.net [Pati, Kota] – Jaka Penuntut Umum menuntut Kades Pakis Kecamatan Achmad Sutar, dengan hukuman penjara selama setahun. Karena Jaksa berkeyakinan, terdakwa Achmad Sutar, terbukti melakukan tindak pidana menggunakan surat palsu, untuk mendapatkan perpanjangan masa jabatannya sebagai Kades.

Kades Pakis Kecamatan Tayu, Achmad Sutar,  dituntut dengan hukuman kurungan penjara selama setahun, oleh Jaksa H Karyono SH MH.  Tuntutan tersebut dengan pertimbangan yang memberatkan,  terdakwa Kades Pakis Achmad Sutar berbelit – belit saat memberikan keterangan  dipersidangan. Sedang pertimbangan yang meringankan, terdakwa yang kelahiran tahun 1963 ini belum pernah dihukum dalam suatu tindak pidana.
Dalam perkara ini, Jaksa H Karyono SH MH meyakini, Achmad Sutar  telah terbukti melakukan menggunakan surat palsu untuk mendapatkan penyesuaian jabatannya, dari 5 tahun menjadi 10 tahun, sejak tanggal 4 November 2002 sampai tanggal 3 November 2012.  Hal itu, sesuai dengan pasal 263 ayat (2) KUHP, pada dakwaan lebih subsider lagi yang diajukan Jaksa.
Atas tuntutan tersebut, terdakwa yang hanya dikenai tahanan kota ini,  melalui Penasehat Hukumnya,  Pengacara Nimerodin Gule SH, akan menyampaikan pembelaan atau pledoi-nya pada sidang yang diagendakan 2 pekan mendatang. Sidang yang mendudukkan Kades Pakis Achmad Sutar ini, dipimpin Hakim Ketua Tardi SH,  didampingi Hakim Anggota  Totok Suyoto SH, dan Alimin Ribut SH.
Menurut Jaksa, tindak pidana yang dilakukan terdakwa dengan membuat surat dan menulis sendiri format surat, yang kemudian diserahkan kepada Ketua BPD Imam Saparin untuk menandatangani dan membubuhkan stempel, selanjutnya surat  yang seolah-olah produk BPD itu untuk mengajukan penyesuaian masa jabatannya.
Ternyata surat bernomor 01/I/06 tertanggal 27 Januari 2006, telah digunakan bupati dalam pertimbangan untuk menerbitkan ketetapan bupati bernomor 141/317/2006 tanggal 19 April 2006. Surat Ketetapan itu berisi, penyesuaian masa jabatan Kades dari 5 tahun menjadi 10 tahun.  Padahal sebenarnya surat tersebut bukan produk BPD, karena tidak pernah ada  rapat musyawarah BPD Pakis mengenai usulan penyesuaian jabatan Kadesnya, sehingga pihak BPD Pakis merasa dirugikan.
Terdakwa dalam kasus ini,  Kades  Pakis Kecamatan Tayu, Achmad Sutar. Dia didakwa oleh Jaksa H Karyono SH MH,  dengan dakwaan berlapis. Selain dakwaan primer,  terdakwa Achmad Sutar juga didakwa dengan dakwaan subsider dan lebih subsider.
Dalam dakwaa primer, terdakwa diduga membuat keterangan palsu bersama – sama, atau diduga melanggar pasal 266 ayat (1) KUHP jo pasal 55 ayat (1) ke 1 KUHP, dengan ancaman penjara paling lama tujuh tahun.
Sedang didakwaan subsider,  Jaksa mendakwa Achmad Sutar telah menggunakan surat palsu,  sebagai bahan pertimbangan Bupati Pati menerbitkan SK perpanjangan jabatan Kades bagi dirinya.  Atau sesuai dengan pasal 266 ayat (1) KUHP.  Untuk dakwaan lebih subsider dan lebih subsider lagi, digunakan pasal 266 ayat (2) KUHP, serta  pasal 263 ayat (1) jungto pasal 55 ayat (1) KUHP,  dan  pasal 263 ayat (1) KUHP.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: