Radio Pas Pati 101 FM

Saluran Informasi Warga Pati

    • 52,694 hits
  • network
    Daftar Domain Gratis disini...
  • RSS BERITA TERBARU

    • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.
  • Network

    network network
    Cari Duit Hanya 15 Menit...

Jaksa Anggap Pembelaan Penasehat Terdakwa Salah Tafsir

Posted by pasfmpati pada Maret 7, 2009

pasfmpati.net [Pati, Kota] – Sidang kasus dugaan menggunakan surat palsu, dengan terdakwa Kades Pakis Kecamtan Tayu, kembali berlanjut. Selasa pagi,  3 Maret 2009, giliran Jaksa Penuntut Umum mengajukan tanggapannya, atas pembelaan yang diajukan terdakwa melalui penasehat hukumnya.

Dalam tanggapannya yang dibacakan Jaksa Hj Doyo Ediati SH,  Jaksa H Karyono SH MH menilai, pembelaan terdakwa Kades Pakis Kecamatan Tayu, Achmad Sutar, terjadi salah tafsir. Dalam pembelaan yang dibacakan pada tanggal 24 Februari 2009 lalu, penasehat hukum Achmad Sutar, Pengacara Nimerodin Gule SH dan Gufron Su`udi SH menyatakan, jaksa telah mendakwa terdakwa membuat surat palsu. Padahal dalam surat dakwaan sudah jelas, Jaksa mendakwa Achmad Sutar, telah mempergunakan surat palsu untuk bahan pertimbangan Bupati Pati, mengeluarkan surat ketetapan perpanjangan masa jabatan Kades dari 5 tahun menjadi 10 tahun.

“Kami tidak mendakwakan yang bersangkutan telah membuat surat palsu, tetapi dia telah mempergunakan surat palsu untuk kepentingan dan keuntungan dirinya sendiri”, jelas Hj Doyo Ediati SH saat menyampaikan tanggapannya.

Seperti PAS Pati siarkan,  dalam perkara ini, Jaka H Karyono SH MH menuntut Kades Pakis Kecamatan Tayu Achmad Sutar, dengan hukuman penjara selama setahun. Karena Jaksa berkeyakinan, terdakwa terbukti melakukan tindak pidana menggunakan surat palsu, untuk mendapatkan perpanjangan masa jabatannya sebagai Kades.

“Tuntutan tersebut dengan pertimbangan yang memberatkan,  terdakwa Kades Pakis Achmad Sutar berbelit – belit saat memberikan keterangan  dipersidangan. Sedang pertimbangan yang meringankan, terdakwa yang kelahiran tahun 1963 ini belum pernah dihukum dalam suatu tindak pidana”, jelas Jaksa.

Dalam perkara ini, Jaksa H Karyono SH MH meyakini, Achmad Sutar  telah terbukti melakukan menggunakan surat palsu untuk mendapatkan penyesuaian jabatannya, dari 5 tahun menjadi 10 tahun, sejak tanggal 4 November 2002 sampai tanggal 3 November 2012.  Hal itu, sesuai dengan pasal 263 ayat (2) KUHP, pada dakwaan lebih subsider lagi yang diajukan Jaksa.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: