Radio Pas Pati 101 FM

Saluran Informasi Warga Pati

    • 52,717 hits
  • network
    Daftar Domain Gratis disini...
  • RSS BERITA TERBARU

    • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.
  • Network

    network network
    Cari Duit Hanya 15 Menit...

Warga Mulai Bersihkan Dan Perbaiki Rumah Mereka Yang Roboh Dan Rusak, Akibat Puting Beliung

Posted by pasfmpati pada Maret 10, 2009

pasfmpati.net [Pati, Kayen] – Angin puting beliung, yang melanda ratusan warga Desa Talun Kecamatan Kayen, kini mensisakan kepedihan yang mendalam. Terutama bagi mereka yang rumahnya roboh, rata dengan tanah. Mereka kini hanya dapat menanti belas kasihan, untuk kembali dapat pembangun rumah-rumah mereka seperti semula. 

Ratusan warga yang rumahnya roboh rata dengan tanah akibat diterjang angin puting beliung, kini harus mengungsi ke tempat-tempat saudaranya, atau ke mushola dan masjid disekitarnya. Namun mereka tidak tahu hingga sampai kapan mereka harus mengungsi.
Seperti halnya suami istri yang sudah berusia lanjut, Amah dan Sutarmin. Kedua orang berusia lanjut ini, hanya dapat terpaku melihat rumah yang sudah puluhan tahun ditempatinya rata dengan tanah. Dengan beberapa harta benda yang berhasil diselamatkan, kini kakek dan nenek ini, mengungsi di Mushola yang tepat berdiri didepan rumahnya. Di Mushola ini, Amah didampingi suaminya Sutarmin, berharap pemerintah memberikan bantuan secepatnya. Terutama material untuk mendirikan rumah kembali. “Saya minta agar ada bantuan segera, untuk kembali mendirikan rumah-rumah kami yang roboh.  Ya kami harapkan bantuan itu segera disalurkan, jangan biarkan kami terlalu lama mengungsi di Mushola ini”, pinta Amah.
Angin puting beliung yang melanda di Desa Talun Kecamatan Kayen Kabupaten Pati ini, mengakibatkan 56 rumah warga roboh rata dengan tanah, dan ratusan rumah warga lainnya, rusak berat dan ringan, akibat gentingnya berserakan, terbang terbawa kencangnya tiupan puting beliung. Selain itu, ada 11 mushola, dan 2 gedung SD serta Balai Desa setempat, juga rusak dibagian atapnya.
Selasa pagi,  10 Maret 2009, Bupati Pati Tasiman, bersama Wakil Bupati, Kartina Sukawati, serta Dandim 0718/Pati Letkol Armed Sutriyono, dan Kapolres Pati AKBP Burhanuddin,meninjau kerusakan yang dialami warga akibat angin puting beliung.
Bupati Tasiman menyatakan, akan memprioritaskan bantuan bagi warganya yang rumahnya roboh. Bahkan Bupati Pati ini, akan memintakan anggaran dari APBD Propinsi Jawa Tengah, selain menganggarkan bantuan melalui APBD Kabuapten Pati.
“Paling tidak keharusan untuk mereka yang roboh atau rusak berat bantuannya berkisar antara Rp. 20juta, tetapi tentu melihat kemampuan keuangan daerah. Disamping itu dana untuk penanggulangan bencana yang kita anggarkan segera kita cairkan.  Kita juga tidak akan dapat memenuhi sejumlah Rp. 50juta per rumah, tetapi paling tidak rata-rata Rp.20juta”, kata Bupati Tasiman.

Sementara itu,  3 korban luka berat akibat puting beliung ini masih mendapat perawatan dirumah sakit, baik di rumah sakit RAA Suwondo Pati, maupun rumah sakit Kayen, sedang 36 warga lainnya yang mengalami luka ringan, hanya menjalani rawat jalan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: