Radio Pas Pati 101 FM

Saluran Informasi Warga Pati

    • 52,686 hits
  • network
    Daftar Domain Gratis disini...
  • RSS BERITA TERBARU

    • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.
  • Network

    network network
    Cari Duit Hanya 15 Menit...

Kerugian Akibat Angin Puting Beliung Di Desa Talun Kec Kayen Mencapai Milyaran Rupiah

Posted by pasfmpati pada Maret 12, 2009

pasfmpati.net [Pati, Kayen] – Kerugian material akibat bencana alam puting beliung yang melanda Desa Talun Kecamatan Kayen, ditaksir mencapai milyaran rupiah. Hal tersebut berdasarkan pendataan terhadap rumah warga baik yang roboh maupun rusak berat dan ringan,  yang mencapai limaratusan rumah lebih. agus Pemerintahan Desa Talun Kecamatan Kayen menyatakan, rumah warganya yang roboh akibat terpaan angin puting beliung sebanyak 56 rumah. Selain itu terdapat 318 rumah rusak berat dan 131 rumah lainnya rusak ringan.  kerusakan juga terjadi di 11 Mushola, 2  bangunan gedung SD, dan 1 unit bangunan Balai Desa.

Kades Talun, Saiffudin kepada PAS Pati mengatakan, berdasarkan pendataan tersebut, Pemerintah Desa memperkirakan kerugian akbiat puting beliung yang melanda sebagian warga Desa Talun, mencapai nilai Rp.13,5 milyar. Saat ini, secara langsung warga yang rumahnya roboh dan rusak berat membutuhkan bantuan berupa genting dan kayu. “Untuk saat ini bantuan yang diperlukan warga, khususnya genting, kayu-kayu  untuk usuk, reng. Ya pokoknya sejenis kayu kemudian genting, untuk membuat atap-atap rumah”, jelas Saiffuddin.

Kades Talun, Saiffuddin menambahkan, kerugian dan kerusakan akbiat puting beliung yang dialami warganya, sudah dilaporkan ke Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati,  untuk segera merealisasikan bantuan meringankan beban warganya.

Bupati Pati, Tasiman berharap, bagi warga yang hanya mengalami kerusakan ringan, tak perlu terlalu berharap bantuan. Dan lebih memprioritaskan, bagi warga yang rumahnya rusak berat dan roboh. “Kalau hanya sekedar genting melorot, saya rasa nggak perlu minta bantuan. Yang penting bantuan itu, untuk yang rumahnya mengalami rusak berat”, jelas Bupati Tasiman.

Untuk membantu meringankan beban korban angin puting beliung yang belum dapat menempati rumahnya, akibat roboh dan rusak berat, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati bersama Kodim 0718 Pati mendirikan dapur umum. Setiap harinya, dapur umum ini dapat mensuplai makanan siap saji 500 bungkus, untuk para korban angin puting beliung di Desa Talun.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: