Radio Pas Pati 101 FM

Saluran Informasi Warga Pati

    • 52,661 hits
  • network
    Daftar Domain Gratis disini...
  • RSS BERITA TERBARU

    • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.
  • Network

    network network
    Cari Duit Hanya 15 Menit...

Partisipasi Masyarakat Membayar Pajak, Masih Kecil

Posted by pasfmpati pada Maret 13, 2009

pasfmpati.net [Pati, Kota] – Partisipasi masyarakat Indonesia untuk membayar pajak, masih tergolong sangat kecil. Dari 220juta penduduk Indonesia, yang telah memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak atau ber NPWP, baru sekitar 10juta diantaranya.  Sementara banyak penduduk yang kaya dan berlebih, yang belum ber NPWP.  Dengan kecilnya masyarakat yang membayar pajak, berdampak penerimaan pajak tidak optimal. 

Fakta saat ini, kesadaran masyarakat membayar pajak  masih sangat rendah. Demikian halnya dengan kepatuhan masyarakat memasukan SPT, sehingga mengakibatkan pemenuhan kewajiban perpajakannya rendah, dan berdampak penarikan pajak tidak optimal.  Padahal pajak menjadi satu-satunya sumber pendapatan negara.

Kepala Kanwil Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Jawa Tengah I Dedi Rudaedi, melalui Kabag Umum Adriana Hermawati kepada PAS Pati, usai acara Pekan Panutan Pajak, di Pendopo Kabupaten Pati, Kamis pagi, 12 Maret 2009 mengatakan, rendahnya kesadaran membayar pajak, kemungkinan karena ketidaktahuan masyarakat itu sendiri.

“Jadi kemungkinan besar dari ketidak tahuan masyarakat itu yang saya potret dibeberapa tempat. Mungkin dengan bantuan media, dengan pekan panutan pajak, apalagi ada Bupati, Wakil Bupati, Sekda, serta pejabat TNI dan Polri, bisa menjadi contoh atau panutan bagi masyarakat untuk menyampaikan SPT tahunan dan membayar pajaknya”, jelasnya.

Memang sampai saat ini, tutur Andriana Hermawati, pemerintah masih sebatas menghimbau dan peringatan kepada mereka yang sudah memenuhi syarat untuk ber NPWP. Hal ini berbeda dengan kebijakan penghapusan pajak atau Sunset Policy.  Karena penghapusan pajak  diarahkan untuk memberi kesempatan kepada wajib pajak yang mempunyai kewajiban perpajakan pada tahun – tahun sebelumnya, belum melaporkan atau belum ber NPWP, sanksinya akan dihapuskan apa bila mereka melaporkan kewajiban pajaknya.

“Karena kalau tanpa sunset policy itu sanksinya 2 persen perbulan dari kekurangan pajak atau pajak yang belum terbayar. Jadi sanksinya itu yang dihapuskan”, katanya.

Pada tahun 2009, tutur Kabag Umum Kanwil Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Jawa Tengah I, Andriana Hermawati, penerimaan sketor perpajakan yang harus dikumpulkan Rp. 725,8 triliyun, atau sekitar 73,6 persen dari APBN tahun ini.

Penyerahan SPT oleh Bupati Tasiman kepada kepala Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Pati, Seno SB Hendra secara simbolis, menandai sosialisasi Pekan Panutan Pajak, di Kabupaten Pati.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: