Radio Pas Pati 101 FM

Saluran Informasi Warga Pati

    • 52,686 hits
  • network
    Daftar Domain Gratis disini...
  • RSS BERITA TERBARU

    • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.
  • Network

    network network
    Cari Duit Hanya 15 Menit...

Angka Golput Pada Pemilu 2009 Di Pati, Diharapkan Turun

Posted by pasfmpati pada Maret 16, 2009

pasfmpati.net [Pati, Kota] – Angka golput pada pemilihan umum, baik pemilihan legislatif, pemilihan presiden, pemilihan gubernur, maupun pemilihan bupati di Kabupaten Pati, menjadi catatan penting. Dari pelaksanaan pemilihan demi pemilihan itu, angka golput justru cenderung mengalami kenaikkan.

Angka golput di Kabupaten Pati merupakan fenomena yang perlu mendapat perhatian khusus, dalam setiap pelaksanaan pesta demokrasi. Dari tahun 2004 hingga 2008,  dari pemilihan legislatif hingga pemilihan bupati, jumlah angka golput selalu meningkat.
Pada acara kampanye damai bersama, di Pendopo Kabupaten Pati, Senin, 16 Maret 2009, Bupati Pati Tasiman mengatakan, angka golput pada pemilu legislatif 2004 mencapai 21, 28 %, pemilihan presiden putaran pertama angka golput mencapai 20,70 %, dan pada putaran kedua meningkat menjadi 21,30 %. Angka golput kembali meningkat pada pemilihan bupati yang mencapai 45,95 %, dan pemilihan gubernur meningkat lagi menjadi 54,17%. “Jika pemilu 2009, angka golput semakin meningkat, berarti pendidikan politik di Kabupaten Pati, berjalan ditempat”, jelas Bupati Tasiman.
Bupati Tasiman juga berharap, para pimpinan parpol untuk memberikan bekal kepada kader dan para calegnya, agar dalam kampanye terbuka untuk dapat menciptakan kerukunan dan saling menghargai terhadap parpol-parpol lain peserta pemilu, serta lebih mengedepankan kepentingan bangsa dan negara. “Kita pupuk kesadaran politik rakyat untuk berpartisipasi dalam pemilu dengan menggunakan hak suaranya, di TPS-TPS pada tanggal 9 April 2009 nanti. Caleg sebagai figur pilihan, saya (Bupati, red) yakin mampu memberikan pemahaman yang benar dan mengajak semua kompenen masyarakat untuk menjaga keutuhan dan kesatuan. Saya juga mengajak masyarakat Kab Pati, untuk mensukseskan pelaksanaan pemilu”, terangnya.
Tidak seperti daerah-daerah lain yang melakukan pawai parpol dan caleg, kampanye damai bersama parpol dan caleg di Kabupaten Pati justru dilakukan dengan siraman rohani atau pengajian dari seorang kyai.

Comments

Satu Tanggapan to “Angka Golput Pada Pemilu 2009 Di Pati, Diharapkan Turun”

  1. Pedy said

    Sungguh menyedihkan menggunakan dalih agama untuk haramkan golput:
    http://sinauislam.wordpress.com/2009/03/17/top-10-alasan-sesat-wajibnya-pemilu/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: