Radio Pas Pati 101 FM

Saluran Informasi Warga Pati

    • 52,717 hits
  • network
    Daftar Domain Gratis disini...
  • RSS BERITA TERBARU

    • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.
  • Network

    network network
    Cari Duit Hanya 15 Menit...

Tingginya angka golput di Pati dorong UNDP lakukan pendampingan

Posted by pasfmpati pada Maret 16, 2009

{Pasfmpati.net}Angka golput dalam berbagai ajang pilkada di Kabupaten Pati menunjukkan angka yang cukup tinggi, rata-rata mencapai diatas 40%. Pada salah satu kecamatan di Kabupaten Pati, angka golput mencapai hitungan tertinggi yaitu 67, 17%, sedangkan di 7 kecamatan mencapai 50-60%, sementara angka golput terendah ada di 3 kecamatan dari 21 kecamatan yang ada yaitu 33%. Hal inilah yang mendorong UNDP melalui Konsorsium Lembaga Pengkajian dan Pengembangan Sumberdaya Pembangunan (LPPSP) Semarang dan Yayasan Bina Insani Pati, yang menerima dana hibah pemilu dari MDP (Multi Donor Program) melakukan pendampingan kepada masyarakat di Kabupaten Pati dalam mempersiapkan Pemilu 2009.

Dari beberapa survei dan analisis LPPSP-YBI, menurut Ketua Konsorsium LPPSP-YBI Indra Kertati, saat ditemui usai pembukaan Program penguatan partisipasi masyarakat sipil dalam rangka kesadaran demokrasi menghadapi pemilu 2009 di ruang Pragola beberapa waktu lalu, ditemukan tiga sebab utama terjadinya golput. ”Banyaknya aktivitas pilkada yang banyak digelar belakangan ini menjadi pemicu jenuhnya masyarakat. Selain itu menurunnya kepercayaan publik terhadap parpol dan sikap apriori masyarakat terhadap pilkada juga sangat berpengaruh,” jelas Indra Kertati.

Secara spesifik, lanjut Indra Kertati yang terjadi di Kabupaten Pati karena masyarakat kecewa terjadi terhadap janji yang telah diberikan oleh partai politik. Melihat persoalan tersebut, pihaknya merasa tertantang untuk ikut berpartisipasi dalam demokratisasi dan mendorong masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya dalam pemilu nanti. ”Dalam program ini adalah kelompok pemilih pemula, perempuan dan kelompok rentan yang tersebar di 21 kecamatan di 144 desa terpilih,” lanjutnya.

Dalam pelaksanaannya konsorsium nanti akan melakukan berbagai kegiatan diantaranya pembentukan Pusat Informasi Pemilu yang tersebar di 21 kecamatan, advokasi masyarakat dan kampanye pengunaan hak pilih hingga pendampingan dalam proses persiapan dan pelaksanaan pemilu.

Diharapkan masyarakat dapat berpartisipasi aktif mendukung terselenggaranya pemilu dan dapat menentukan pilihannya dengan cerdas. Sifat dari kegiatan ini sendiri adalah membantu pemerintah dan KPU dalam mempersiapkan pemilu yang akan digelar 9 April nanti. Sedangkan untuk penjangkauan di lapangan, pihak konsorsium dibantu oleh lima koordinator lapangan dan 21 fasilitator kecamatan yang sebagian besar berasal dari Kabupaten Pati.

Acara pembukaan yang ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman antara Ketua Konsorsium LPPSP-YBI dan Ketua KPU Kabupaten Pati ini selain dihadiri Bupati Pati Tasiman juga jajaran Muspida, para camat, Panwas, PPK dan PPS. Dalam sambutannya, Bupati Tasiman menyambut baik kerjasama yang dilakukan Konsorsium LPPSP-YBI dengan KPU Pati dan Pemerintah Kabupaten. Bupati juga meminta kepada para camat dan jajarannya untuk membantu tugas para petugas di lapangan. ”Karena hal ini sangat meringankan beban yang dipikul pemerintah dalam mensukseskan pemilu nanti. Semangat dan keinginan kita adalah mengurangi angka golput di Kabupaten Pati.”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: