Radio Pas Pati 101 FM

Saluran Informasi Warga Pati

    • 52,694 hits
  • network
    Daftar Domain Gratis disini...
  • RSS BERITA TERBARU

    • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.
  • Network

    network network
    Cari Duit Hanya 15 Menit...

Wagup Jateng Kawal Program Arsip Masuk Desa

Posted by pasfmpati pada Maret 18, 2009

pasfmpati.net [Pati, Kota] – Memandang pentingnya arti arsip bagi lembaga publik, Pemerintah Propinsi Jawa Tengah berharap desa-desa di daerahnya mampu memanfaatkan dan mengembangkan kearsipan, melalui sosialisasi program arsip masuk desa  (AMD).  Setelah sistem kearsipan berhasil, diharapkan terbangunnya arsip yang tersebar di 7.207 desa di Jawa Tengah yang dapat diakses, untuk kepentingan Pemerintah Propinsi.

Wakil Gubernur Jawa Tengah, Dra Hj Rustriningsih menjelaskan, arsip bisa saja disebut sebagai barang yang sudah tak terpakai. Tetapi arsip memiliki fungsi yang sangat penting. Tidak hanya sekedar  alat bukti saja, tetapi keasliannya menjadikannya sangat berarti. Sebagai contoh hilangnya pulau sipadan dan ligitan yang akhirnya dikuasai Malaysia. Hal tersebut terjadi karena amburadulnya arsip yang dimiliki Indonesia.

Memandang perlunya arsip bagi lembaga publik ini, Wakil Gubernur Jawa Tengah ini, secara marathon mensosialisasikan program arsip masuk desa.  Hal ini didasarkan kondisi pengadaan arsip di tingkat pedesaan di seluruh Jateng, sangat memprihatinkan, padahal arsip memiliki banyak manfaat.

Hal tersebut diungkapkan Wakil Gubernur Jawa, Dra Hj Rustriningsih, pada sosialisasi AMD di pendopo Kabupaten Pati, Rabu pagi, 18 Maret 2009.

“Arsip adalah masa lalu, barang yang tidak terpakai, barang yang  mengganggu pemandangan mata, kemudian akhirnya disingkirkan, selanjutnya minggir lagi, dan dipertimbangkan alias ditimbang (dijual, red). Untuk itu saya merasa, masalah kearsipan ini perlu saya kawal”, jelasnya.

Sosialisasi Arsip Masuk Desa ini, tutur Wakil Gubernur Jawa Tengah, Rustriningsih, sebagai upaya Pemerintah Propinsi untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, dan meningkatkan pembangunan didaerah. “Program ini sebagai upaya kami untuk meningkatkan pelayanan dan pembangunan bagi daerah, terutama di desa. Apabila ada persoalan  di desa tentu yang pertama dipanggil tentu Kepala Desa, sehingga dalam tahapan sosialisasi ini yang diundang para Kepala Desa. Serta hendaknya sosialisasi ini dapat dipahami dengan sebaik-baiknya oleh para Kepala Desa”,  tutur mantan Bupati Kebumen ini.

Wakil Gubernur Jawa Tengah, Dra Hj Rustriningsih menambahkan setelah tahapan sosialisasi selesai, program Arsip Masuk Desa dilanjutkan dengan tahap bimbingan teknis bagi seluruh Kepala Desa dan Sekretaris Desa se Jateng.

Sosialisasi di Kabupaten Pati, selain Bupati Pati Tasiman beserta pejabat Muspida, juga seluruh Kepala SKPD, Camat dan seluruh Kepala Desa/Kelurahan se Kabupaten Pati.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: