Radio Pas Pati 101 FM

Saluran Informasi Warga Pati

    • 52,686 hits
  • network
    Daftar Domain Gratis disini...
  • RSS BERITA TERBARU

    • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.
  • Network

    network network
    Cari Duit Hanya 15 Menit...

Timbulnya Permasalahan Di Desa, Sering Karena Tidak Adanya Arsip Yang Tersimpan Dengan Benar

Posted by pasfmpati pada Maret 19, 2009

pasfmpati.net [Pati, Kota] – Setiap desa di Kabupaten Pati hendaknya memiliki program pengarsipan yang baik.  Dengan demikian, permasalahan yang sering timbul di desa terkait dengan arsip, dapat diminimalisir.
Terabaikannya arsip-arsip, pada suatu saat akan menimbulkan permasalahan yang pelik. Padahal arsip memiliki arti yang sangat penting. Bahkan birokrasi seperti lembaga publik sangat membutuhkan, setiap saat harus melakukan pengarsipan dengan baik.

Bupati Pati Tasiman pada acara pencanangan sosialisasi program Arsip Masuk Desa (AMD) di Pendopo, Rabu kemarin,  18 Maret 2009 mencontohkan, kurang rapinya pengelolaan arsip sertifikat atau leter C, sering kali menimbulkan permasalahan. “Karena hal ini menyangkut akutanbilitasi penyelenggaraan pemerintahan. Dengan gerakan arsip masuk desa diharapkan, semua elemen masyarakat dan aparat pemerintahan sadar bahwa arsip bukti (akutanbilitas) pertanggungjawaban suatu organisasi atas kinerjanya”, jelas Bupati Tasiman.

Masih menurut Bupati Tasiman, di pedesaan sering terjadi penataan atau penyimpanan arsip yang terkesan seadanya dan amburadul. Dengan program Arsip Masuk Desa (AMD) ini, Kepala Desa dan aparatnya, dapat menata dan mengamankan arsib dengan baik. “Sebenarnya regulasi yang mengatur tentang kearsipan telah diatur dalam Undang-undang Nomor 7 tahun 1971, tentang ketentuan pokok kearsipan. Masalah arsip sekarang ini sudah menjadi kebutuhan dan tuntutan, sebab hal ini lebih terkait dengan akuntanbilitas dan transparansi penyenggaraan pemerintahan”, terangnya.

Penancanangan sosialisasi program Arsip Masuk Desa di Kabupaten Pati ini, diresmikan Wakil Gubernur Jawa Tengah, Dra Hj Rustriningsih, di Pendopo Kabuapten Pati. By Agus Pambudi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: