Radio Pas Pati 101 FM

Saluran Informasi Warga Pati

    • 52,686 hits
  • network
    Daftar Domain Gratis disini...
  • RSS BERITA TERBARU

    • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.
  • Network

    network network
    Cari Duit Hanya 15 Menit...

Kades Gunungsari Batangan, Tersandung Kasus Korupsi

Posted by pasfmpati pada Maret 23, 2009

pasfmpati.net [Pati, Kota] – Kades Gunungsari Kecamatan Batangan, Suwono sekarang ini tersandung masalah. Dia, sejak awal pekan ini, menjadi terdakwa dalam kasus dugaan korupsi yang didakwakan Jaksa Penuntut Umum, di Pengadilan Negeri Pati .
Kasus dugaan korupsi bantuan tambahan Dana Pembangunan Desa (DPD), kini sedang melilit Kades Gunungsari Kecamatan Batangan, Suwono. Pasalnya dia dituduh sejumlah warganya menggelapkan keuangan desa.
Dalam sidang yang digelar di Pengadilan Negeri Pati, Senin pagi,  23 Maret 2009, Kades Suwono juga harus duduk dikursi terdakwa, dalam kasus dugaan korupsi.  Kata Jaksa Penuntut Umum (JPU) Karnida SH, saat membacakan dakwaannya, Suwono diduga menggelapkan uang Dana Pembangunan Desa (DPD).

Berdasarkan audit BPKP, nilai kerugian negara akibat perbuatan Suwono tersebut mencapai Rp.13,750juta. Tetapi nilai kerugian tersebut, sudah dilunasi Suwono, setelah tim audit BPKP menemukan adanya kejanggalan dalam pengelolaan DPD tahun 2006-2007.  Desa  Gunungsari Batangan, pada tahun 2006 mendapat DPD senilai Rp.30juta. Pada tahun 2007 DPD dengan nilai yang sama juga didapat, dengan  dana tambahan sebesar Rp. 10juta.

Dari jumlah dana yang didapat senilai Rp. 70 juta tersebut, seluruhnya habis untuk pengaspalan jalan desa. Tetapi dalam audit BPKP, ternyata dalam pengelolaannya ditemukan adanya penyimpangan senilai Rp.13,75juta.

Dalam dakwaan tersebut, Jaksa Karnida SH menjerat terdakwa Suwono dengan dakwaan alternatif. Didakwaan primer Suwono didakwa dengan pasal  2 ke 1 jungto pasal 18 Undang-undang Nomor 31 tahun 1999. Dan didakwaan subsider terdakwa Suwono didakwa dengan pasal  3 jungto pasal 18 dengan Undang-undang yang sama.

Majelis Hakim yang dipimpin Hakim Ketua Farid Fauzi SH, didampingi hakim anggota Asep Sumirat SH, dan Totok Sapto SH, akhirnya menunda persidangan.  Senin pekan depan,  30 Maret 2009, sidang kembali digelar dengan agenda pemeriksaan saksi-saksi. Rencananya saksi yang akan diperiksa sebanyak 11 orang.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: