Radio Pas Pati 101 FM

Saluran Informasi Warga Pati

    • 52,717 hits
  • network
    Daftar Domain Gratis disini...
  • RSS BERITA TERBARU

    • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.
  • Network

    network network
    Cari Duit Hanya 15 Menit...

Jaksa Akan Ajukan 11 Saksi Kasus Dugaan Korupsi DPD Gunungsari Batangan

Posted by pasfmpati pada Maret 26, 2009

pasfmpati.net [Pati, Kota] – Jaksa Penuntut Umum (JPU) akan mengajukan para saksi dalam perkara pidana dugaan korupsi pengelolaan Dana Pembangunan Desa (DPD) Desa Gunungsari Kecamatan Batangan, dengan terdakwa Kades Suwono.
Dalam sidang lanjutan kasus dugaan korupsi Dana Pembangunan Desa (DPD), di Pengadilan Negeri Pati, Senin,  30 Maret 2009, akan mengagendakan pemeriksaan keterangan saksi. Dalam kasus yang mendudukkan Kades Gunungsari Kecamatan Batangan, Suwono, sebagai terdakwanya ini, ada sebelas saksi yang akan diajukan Jaksa Karnida SH ke persidangan.

Dari kesebelas saksi itu, pada sidang lanjutan mendatang, akan diperiksa empat diantara orang saksi diantaranya. Namun siapa saksi-saksi yang akan dihadirkan dipersidangan, Jaksa Karnida SH, belum dapat menyebutkan.  Setidaknya saksi-saksi yang akan memberikan kesaksiannya lebih dulu,  adalah saksi pelapor dalam kasus tersebut.

Pada sidang perdana yang mengagendakan pembacaan dakwaan, Senin 23 Maret 2009, terdakwa Kades Suwono dijerat dengan dakwaan alternatif, terkait dengan adanya dugaan penggelapan bantuan Dana Pembangunan Desa (DPD).

Seperti yang terungkap dipersidangan, bantuan DPD untuk pengaspalan jalan yang diterima Desa Gunungsari Kecamatan Batangan, yang diduga digunakan secara pribadi oleh Kades Suwono berdasarkan audit BPKP, nilainya mencapai Rp.13,750juta. Dan setelah ada audit tersebut, Kades Suwono berusaha melunasi adanya kekurangan keuangan senilai Rp. 13,75juta tersebut.

Desa  Gunungsari Batangan menerima bantuan Dana Pembangunan Desa (DPD), senilai Rp. 70juta. Dengan rincian Rp.30juta,  DPD tahun anggaran 2006, serta Rp.30juta, DPD tahun anggaran 2007 dan tambahan bantuan senilai  Rp. 10juta DPD tahun anggaran 2007.

Dari jumlah dana yang didapat senilai Rp. 70 juta tersebut, seluruhnya habis untuk pengaspalan jalan desa. Namun audit BPKP, menemukan penyimpangan keuangan DPD tersebut senilai Rp.13,75juta.

Dalam dakwaan tersebut, Jaksa Karnida SH menjerat terdakwa Suwono dengan dakwaan alternatif. Didakwaan primer Suwono didakwa dengan pasal  2 ke 1 jungto pasal 18 Undang-undang Nomor 31 tahun 1999. Dan didakwaan subsider terdakwa Suwono didakwa dengan pasal  3 jungto pasal 18 dengan Undang-undang yang sama.

Sidang tersebut dipimpin Hakim Ketua Farid Fauzi SH, didampingi hakim anggota Asep Sumirat SH, dan Totok Sapto SH.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: