Radio Pas Pati 101 FM

Saluran Informasi Warga Pati

    • 52,686 hits
  • network
    Daftar Domain Gratis disini...
  • RSS BERITA TERBARU

    • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.
  • Network

    network network
    Cari Duit Hanya 15 Menit...

Keberatan Dengan Tuntutan, Pengacara Minta Terdakwa Dibebaskan

Posted by pasfmpati pada Maret 31, 2009

pasfmpati.net [Pati, Kota] – Pengacara Darsono SH menilai tuntutan Jaksa Penuntut Umum, terhadap dua terdakwa warga Desa Tlogosari Kecamatan Tlogowungu, yang didampinginya, memberatkan. Karena itu dalam pembelaan atau pledoinya, Pengacara Darsono meminta Majelis Hakim yang menyidangkan perkara ini, segera membabaskan kedua terdakwa tersebut.

Sidang kasus dugaan perusakan tanaman tebu diareal tanah bengkok Kades Tlogosari Kecamatan Tlogowungu, Ichsan Basri, Selasa pagi, 31 Maret 2009, kembali berlanjut. Sidang lanjutan tersebut mengagendakan, pembacaan pembelaan dari kedua terdakwa, Suyikno dan Susanto. Pembelaan atau pledoi terdakwa dibacakan Penasehat Hukumnya, Pengacara Darsono SH.

Dipersidangan, Pengacara Darsono SH meminta kepada Majelis Hakim yang menyidangkan perkara tersebut, membebaskan kedua terdakwa. Karna dasar Jaksa membuat dakwaan terhadap kedua terdakwa, pasal 170 ayat 2 ke satu KUHP, ada unsur yang tidak dapat dibuktikan. Sebab kesaksian Nyaman dan Sahli menyebutkan, lokasinya jauh dari permukiman masyarakat, dan dalam keadaan menjelang malam, sekitar pukul 6 petang. “Sehingga dengan adanya unsur yang tidak dapat dibuktikan tersebut, kami minta kedua terdakwa (Suyikno dan Susanto) segera dibebaskan demi hukum dan tuntutan dibatalkan”, pinta Pengacara Darsono SH.

Terhadap pledoi tersebut, Jaksa Tri Yulianto SH menyatakan tetap pada dakwaan dan tuntutan semula. “Kami tetap pada dakwaan dan tuntutan yang telah kami ajukan pada sidang-sidang sebelumnya”, kata Jaksa Tri Yulianto SH.

Majelis Hakim yang dipimpin Hakim Ketua Tardi SH, didampingi Hakim Anggota Aliman Ribut SH, dan FX Hanung Dwi Wibowo SH, setelah mendengar pembelaan atau pledoi terdakwa, dan sikap Jaksa atas pembelaan terdakwa, kembali menunda persidangan selama 2 pekan. Pada tanggal 14 April mendatang, sidang kembali digelar, dengan agenda putusan.

Sekitar limapuluhan warga Desa Tlogosari Kecamatan Tlogowungu, memadati ruang sidang utama Pengadilan Negeri Pati. Kedatangan warga tersebut, untuk mengantar dan memberikan dukungan kepada kedua terdakwa, yang tengah menjalani proses hukum tersebut.

Pada sidang sebelumnya, kedua terdakwa  oleh Jaksa dinyatakan terbukti melakukan tindak pidana melawan hukum, yakni  melakukan perusakan terhadap barang atau suatu benda milik orang lain. Yakni berupa tanaman tebu milik Kades Tlogosari, Ichsan Basri.

Tindak pidana yang mendudukan kedua terdakwa, terjadi saat mereka sedang mencari pakan ternak. Karena ketidak tahuannya, mereka berdua memotong tebu yang berada diareal bengkok Kades. Tanaman tebu yang dipotong kedua terdakwa, tutur Jaksa sebelum menyampaikan tuntutannya, berada diareal seluas 2 kali 9 meter persegi.  Beberapa orang yang mengetahui aksi keduanya, langsung melaporkan ke Kades Tlogosari yang kemudian diteruskan ke Mapolsek Tlogowungu. Peristiwa tersebut terjadi pada tanggal  18 September 2009, sekitar pukul  18.00 WIB.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: