Radio Pas Pati 101 FM

Saluran Informasi Warga Pati

    • 52,694 hits
  • network
    Daftar Domain Gratis disini...
  • RSS BERITA TERBARU

    • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.
  • Network

    network network
    Cari Duit Hanya 15 Menit...

Pendidikan Politik, Dorong Pemilih Pemula Yang Cerdas

Posted by pasfmpati pada April 4, 2009

pasfmpati.net [Pati, Kota] – Ratusan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi dan pelajar SLTA serta Karang Taruna di Kabupaten Pati, mendapat pendidikan politik. Kegiatan yang dikemas dalam bentuk seminar sehari tersebut, sebagai sarana pencerahan bagi para pemilih pemula,  agar tahu bagaimana harus bersikap dalam Pemilu mendatang. Sehingga tidak salah dalam menentukan pilihan. 

Pendidikan politik bagi pemilih pemula, merupakan upaya investasi mempersiapkan generasi yang cerdas, dan kritis, untuk menentukan calon-calon anggota legislatif yang amanah. Selain itu, pendidikan politik bagi pemilih pemula, untuk mendongkrak partisipasi masyarakat, dan proses demokratisasi di Indonesia dapat tercapai.

Ketua Lembaga Pengkajian dan Pengembangan Sumberdaya Pembangunan LPPSP Jawa Tengah, Indra Kertati saat diwawancara PAS Pati, usai seminar berthema Menjadi Pemilih Pemula Yang Cerdas, di Aula Bakorwil Pati, Sabtu siang mengatakan, kegiatan yang sedang dilakukan LPPSP sekarang ini, untuk membantu Pemerintah, mensukseskan Pemilu 2009. “Kami sadar bahwa sikap-sikap pesimisme masyarakat berkaitan dengan keadaan ataupun fenomena yang dihadapi itu membutuhkan effort yang besar untuk membalikkan kepercayaan masyarakat, kalau pemilu ini, untuk memilih calon-calon legislatif yang amanah”, jelasnya.

Beberapa mahasiswa dan pelajar yang menjadi peserta seminar menyambut baik kegiatan pendidikan politik yang diselenggarakan LPPSP bersama Yayasan Bina Insani, dengan menggandeng Penyelenggara dan Pengawas Pemilu di Kabupaten Pati. Para peserta yang masih awam ini dijelaskan mulai dari pengertian pemilu, tujuan pemilu, tahapan pemilu, sampai ke mekanisme pemilihan dengan pola contreng atau centang. Namun Tina Santika Mahasiswa Akbid Bakti Utama mengaku, pemilu sekarang agak susah dibanding dengan pemilu-pemilu sebelumnya. ”Lebih susah yang ini, soalnya ini dengan centang (contreng), terus banyak pilihannya. Partai maupun calegnya juga banyak, masyarakatnya juga belum mengenal. Artinya partai-partai dalam mempromosikan partai atau calegnya, banyak masyarakat yang belum tahu”, kata Tina Santika.

Beda halnya dengan Ika Purnamasari pelajar SMK Nasional Pati. Bagi Ika Purnamasari meski belum dapat memilih pada pemilu tahu ini, tetapi dengan mengikuti 2 kali seminar tentang pemilih pemula, setidaknya dapat mengetahui bagaimana caleg yang berkualitas dan layak untuk dipilih. “Bukan dengan mencentang sebetulnya, dengan menyilang, atau dengan garis horisontal ke kanan atau ke kiri, juga diperbolehkan dalam pemilu sekarang ini. Dan seminar ini memberikan lebih banyak pengetahuan tentang politik, termasuk gender. Jadi kami juga akan mengetahui bagaimana Indonesia ke depan. Kalau saya sudah cukup umur untuk memilih, saya akan memilih caleg yang terbaik”, Ika Purnamasari.

Kegiatan penyelenggaraan pendidikan politik bagi elemen pemilih pemula ini diikuti 200 siswa beserta guru pendamping dari SMA/SMK Negeri/Swasta, serta mahasiswa Perguruan Tinggi, maupun Karang Taruna, dan Remaja Masjid. Selain menghadirkan narasumber dari LPPSP, seminar juga menghadirkan, KPU dan Panwas  Kabupaten Pati.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: