Radio Pas Pati 101 FM

Saluran Informasi Warga Pati

    • 52,717 hits
  • network
    Daftar Domain Gratis disini...
  • RSS BERITA TERBARU

    • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.
  • Network

    network network
    Cari Duit Hanya 15 Menit...

Pengaduan Dugaan Penyelewengan Sortasi Sekretaris KPU, Diduga Dibuat Orang Dalam

Posted by pasfmpati pada April 7, 2009

pasfmpati.net [Pati, Kota] – Kinerja di sekretariat KPU Kabupaten Pati, menjelang pelaksanaan Pemilu yang tinggal hitungan jam ini, sedikit terganggu. Hal ini menyusul adanya upaya untuk memojokkan Sekretaris KPU Kabupaten Pati, Naryo Utomo ke Kejaksaan Negeri Pati. Diduga laporan tersebut, terkait dengan laporan penyelewengan pajak, pengangkutan distribusi logistik serta pelaksanaan sortasi dan lipat surat suara. Tetapi laporan itu, diduga dibuat oleh orang dalam dengan meminjam nama warga Desa Gerit Kecamatan Cluwak.

Aduan penyelewengan pajak, pengakutan distribusi logistik dan pelaksanaan sortasi dan pelipatan surat suara oleh Sekretaris  KPU Kabupaten Pati, ke Kejaksaan Negeri Pati, sedikit mengganggu kinerja KPU dan PPK se Kabupaten Pati.

Karena sejak adanya aduan tersebut, Sekretaris KPU Pati, Naryo Utomo setiap hari wajib lapor ke Kejaksaan Negeri.  Tidak ingin terganggu kinerjanya, akibat aduan tersebut, Forum Komunikasi Panitia Pemilihan Kecamatan (FK-PPK) Kabupaten Pati, menelusuri ke pelapor aduan tersebut, bernama Sunardi warga Desa Gerit RT. 5 RW. 02 Kecamatan Cluwak.

Dari tiga orang warga Desa Gerit yang bernama Sunardi, menurut keterangan Kades Gerit Sukarno,  hanya satu yang berhasil ditemui. Namun keterangannya kepada Kades Sukarno, dia mengaku tidak pernah membuat laporan ke Kejaksaan Negeri Pati, terkait dengan tuduhan penyelewenangan yang diduga dilakukan Sekretaris KPU Pati. Sedang dua orang warga benama Sunardi, seorang bekerja di Jakarta, dan seorang lainnya berlayar sejak tiga bulan lalu.

Ketua (FK-PPK) Pati Beni Nurhadi saat diwawancara PAS Pati usai bertemu dengan Bupati Pati, Selasa siang,  7 April 2009 mengatakan, dari hasil investigasi dan klarifikasi tersebut, surat laporan Sunardi yang mengatasnamakan Forum Sortir merupakan fiktif dan fitnah. Ada dugaan pembuat laporan tersebut, orang dalam Sekretarias KPU Kabupaten Pati, yang ingi mengadu domba PPK dan KPU. “Karena persoalan ini ada indikasi keterlibatan orang dalam. Dan yang bersangkutan sama dengan yang kita indikasikan pada tahun 2004, kita mohon kepada Bupati untuk menyikapi hal ini. Supaya ada perhatian khusus terhadap disharmonisasi yang tengah terjadi di sekretariat KPU Patiu”, jelas Beni Nurhadi.

Beni Nurhadi menambahkan, lepas dari terjadi atau tidaknya penyelewengan seperti yang diadukan tersebut, biaya dalam sortasi dan pelipatan surat suara  itu, hanya Rp. 125 per surat suara. Itu termasuk pajak, tanpa pemotongan atau fee untuk jajaran KPU Kabupaten Pati. Dan biaya tersebut, telah digunakan tidak hanya untuk upah tenaga pelipatan surat suara, tetapi dengan komponen biaya lain. Seperti untuk biaya konsumsi, kebersihan dan pengamanan, serta pengesetan surat suara.  Sehingga setelah dikurangi pajak, biaya itu berbagi habis. “Kita berpegangan selama ini, yang kita tahu tidak ada penyelewengan uang sekecil apapun. Yang terjadi dilapangan sekarang ini, karena ada masyarakat atau pihak lain yang tidak tahu tentang rincian penggunaan dana-dana itu. Seperti dana sortasi KPU Pusat memberi biaya Rp.150, tetapi kita hanya Rp. 125 dan Rp. 25 kembali ke negara. Kita juga bekerja berdasarkan surat edaran, ternyata Rp. 125, adalah komponen biaya yang sangat-sangat variatif”, kata Beni Nurhadi.

Sementara Sunardi warga Desa Gerit RT 05 / RT 01 Kecamatan Cluwak, dalam surat penyataannya menyatakan, tidak pernah melakukan pengaduan yang menyudutkan Sekretaris KPU Pati, Naryo Utomo ke Kejaksaan. Sunardi justru meminta kepada orang yang membuat laporan dengan menggunakan namanya untuk mencabut laporannya. Dan meminta aparat penegak hukum, untuk menindak lanjuti terhadap orang yang telah mencatut namanya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: