Radio Pas Pati 101 FM

Saluran Informasi Warga Pati

    • 52,661 hits
  • network
    Daftar Domain Gratis disini...
  • RSS BERITA TERBARU

    • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.
  • Network

    network network
    Cari Duit Hanya 15 Menit...

Pelaksanaan Ujian Nasioanl Diawasi Tim Pemantau Independen Dan Satuan Pengawas Pendidik

Posted by pasfmpati pada April 14, 2009

paspatifm.net [Pati, Kota] – Seperti pada tahun lalu, pelaksanaan ujian nasional selalu mendapatkan pengawasn. Beda tahun ini, pelaksanaan ujian nasional akan diawasi dua pemantau. Jika dulu ada Tim Pemantau Independen (TPI), sekarang bertambah dengan satu pemantau lagi, yakni Satuan Pengawas Pendidik (SPP). Dalam pemantauan itu melibatkan dosen dan/atau mahasiswa semua perguruan tinggi

Mulai tanggal 20 hingga 30 April, dua pemantau independen akan mengawasi jalannya pelaksanaan ujian nasional, di semua SMA/SMK/MA di Kabupaten Pati. Jumlah relawan yang akan diterjunkan kedua pemantau ujian nasional ini, mencapai ratusan yang disebar ke semua sekolah penyelenggara ujian nasional.

Menurut Ketua Panitia Penyelenggara UNas Kabupaten Pati Bambang Santoso, dua pemantau independen yang akan mengawasi pelaksanaan unas nanti, yakni Tim Pemantau Idependen (TPI) dan Satuan Pengawas Pendidik. Kedua pemantau tersebut merupakan unsur pendidikan.

Untuk Tim Pemantau Independen (TPI), kata Bambang Santoso, personilnya dari kalangan perguruan tinggi. Namun hanya sebagian dosen saja yang terlibat dalam lembaga independen yang mengawasi pelaksanaan unas  nanti.  Dan mereka yang terlibat dalam Satuan Pengawas Pendidik (SPP) semuanya dari kalangan dosen. “Semua dosen  berbagai perguruan tinggi di Jawa Tengah yang akan tergabung dalam satuan ini. Dan mereka akan bersama-sama melakukan pemantauan ujian nasional”, terangnya.

Meski sama-sama pemantau, tetapi fokus pantauannya berbeda. Jika Satuan Pengawas Pendidik (SPP) melakukan pengawasan terhadap SMA dan MA, Tim Pemantau Independen (TPI) akan melakukan pengawasan UNas untuk tingkat SMK dan SMP.

Ujian Nasional SMA, MA, dan SMK berlangsung tanggal 20 hingga 24 April 2009, sedang Ujian Nasional SMP berlangsung tanggal 27-30 April mendatang.

Ketua Penyelenggara Ujian Nasional Kabupaten Pati, Bambang Santoso berharap,  adanya pemantau ini lebih meningkatkan kualitas pelaksanaannya. “Harapannya saat pelaksanaan dapat berjalan sukses dan lancar, kualitas hasil unas juga semakin baik,” tutur Bambang Santoso.

2 Tanggapan to “Pelaksanaan Ujian Nasioanl Diawasi Tim Pemantau Independen Dan Satuan Pengawas Pendidik”

  1. aan said

    untuk un tingkat smp apakah tpi’y dr klangan mhasiswa/dosen?

  2. soerip stune said

    ApAkah hRUs SkEtat itu….??? gk kCian p

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: