Radio Pas Pati 101 FM

Saluran Informasi Warga Pati

    • 52,694 hits
  • network
    Daftar Domain Gratis disini...
  • RSS BERITA TERBARU

    • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.
  • Network

    network network
    Cari Duit Hanya 15 Menit...

Panwas Periksa Saksi Pelanggaran Pidana Pemilu

Posted by pasfmpati pada April 15, 2009

pasfmpati.net [Pati, Kota] – Panwaslu Kabupaten Pati masih mengusut pelanggaran pemilu yang terjadi di salah satu TPS di Desa Tambahsari Kecamatan Pati. Beberapa warga Desa Tambahsari melapor ke Panwaslu, karena salah seorang oknum KPPS diduga telah memberikan undangan kepada warga yang tidak masuk DPT, untuk ikut mencontreng, pada pemilu legislatif, 9 april lalu.

Sebagai tindak lanjut laporan pelanggaran pemilu yang diduga dilakukan oleh oknum KPPS di salah satu TPS di Desa Tambahsari, Panwas mulai memeriksa keterangan beberapa orang saksi, Rabu pagi, 15 April 2009.

Menurut keterangan yang dihimpun di sekretariat Panwaslu Kabupaten Pati, pelanggaran tersebut dilakukan dengan cara memberikan undangan untuk mencotreng, kepada enam warga, yang tidak masuk DPT. Tapi saat pemilihan legislatif berlangsung, hanya tiga dari enam orang yang tidak masuk DPT tersebut, yang ikut mencontreng. Sedang dua warga tidak hadir, dan seorang warga lagi terlambat datang ke TPS.

Tiga orang ibu rumah tangga, yang hadir memenuhi panggilan Panwaslu menerangkan, mereka tidak tahu namanya tidak tercantum dalam DPT, tetapi empat hari menjelang pemilu legislatif mereka mendapatkan undangan, yang disampaikan oleh salah seorang oknum KPPS.  Seperti dituturkan salah seorang diantara ketiga saksi tersebut bernama Suwarti. “Kami tidak tahu nama yang ada dalam surat undangan tersebut. Karena dapat undangan untuk berangkat ke TPS, ya saya berangkat”, jelas Suwarti.

Ketua Panwaslu Kabupaten Pati, Fathur Rahman mengakui, sebagai tindak lanjut pengusutan kasus dugaan pelanggaran pemilu ini, pihaknya memanggil para saksi, untuk dimintai keterangannya. Mereka dipanggil untuk menjelaskan ketidak netralitasan petugas PPS dan KPPS di Desa Tambahsari Kecamatan Pati. “Ini kita ketahui ada PPS dan KPPS yang ikut mendampingi pemilih untuk melakukan penyontrengan. Sehingga kalau ini terbukti, dia memberikan arahan untuk memilih salah satu partai, ini merupakan pelanggaran pemilu”, Fathur Rahman.

Ketua Panwaslu Kabupaten Pati, Fathur Rahman menambahkan, bila berkas pemeriksaan di Panwaslu lengkap bersama barang bukti yang telah dikumpulkan, segera dilimpahkan ke sentra penegakan hukum terpadu (gakkumdu) pemilu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: