Radio Pas Pati 101 FM

Saluran Informasi Warga Pati

    • 52,694 hits
  • network
    Daftar Domain Gratis disini...
  • RSS BERITA TERBARU

    • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.
  • Network

    network network
    Cari Duit Hanya 15 Menit...

Petugas KPPS Seharusnya Di Asuransikan

Posted by pasfmpati pada April 17, 2009

pasfmpati.net [Pati, Kota] – Resiko berat petugas KPPS, perlu mendapat perhatian dari Pemerintah. Karena target rekapitulasi perolehan suara segera selesai, membuat banyak anggota KPPS, yang stres dan kelelahan. Bahkan ada diantara mereka yang jatuh sakit, dan kritis di rumah sakit.

Derita yang sedang dialami anggota KPPS TPS 2 Desa Keben Kecamatan Tambakromo, Suhartini., perlu mendapat perhatian semua pihak. Anggota KPPS yang pensiunan guru itu, harus terbaring diruang gawat darurat rumah Sakit Keluarga Sehat Pati, karena mengalami stroke karena kelelahan saat bertugas di TPS.

Kelelahan sebagai anggota penyelenggara pemungutan suara, tidak hanya dialami Suhartini sendirian. Ada petugas KPPS lain yang juga mengalami hal serupa, tetapi setelah mendapatkan perawatan beberapa hari di rumah sakit, langsung diperbolehkan pulang.  Namun kelelahan yang dialami Suhartini, justru mengakibatkan anggkota KPPS  di Desa Keben Tambakromo ini, terserang stroke, yang hingga sekarang belum sadarkan diri.

Dari kejadian seperti ini, ada usulan agar seluruh anggota KPPS di Kabupaten Pati, di asuransikan. Karena tugas dan resikonya sebagai KPPS saat persiapan, pemungutan, penghitungan sampai rekapitulasi, cukup berat. Usulan diungkapkan Sekda Pati Sri Merditomo, saat menjenguk Suhartini di ruang gawat darurat rumah sakit Keluarga Sehat. “”Kami sudah mempunyai pemikiran seperti itu, tapi tidak ada aturan yang menjadi dasar pendanaannya.”

Bagi Suhartini pensiunan guru berusia 63 tahun ini, selalu menjadi bagian dalam setiap pelaksanaan pemilihan di desa Keben Kecamatan Tambakromo, bersama Karsum suaminya. Mulai dari Pemilihan Kepala Desa, Pemilihan Bupati, Pemilihan Gubernur, dan terakhir Pemilihan Legistlatif tahun ini.  Pada pemilu legislatif 9 April lalu, Suhartini menjadi anggota KPPS di TPS 2, dan  Karsum yang juga perangkat desa menjadi anggota KPPS di TPS 8.

Tugas yang diemban Suhartini sebagai anggota KPPS, seperti ribuan anggota KPPS  lainnya memang cukup berat dan rumit, meski di tingkat TPS. Banyak waktu, tenaga, dan pikiran, yang tersita untuk tugas sebagai KPPS. Kendati usianya sudah lanjut, Suhartini tetap bersemangat dan bertanggungjawab terhadap tugas, hanya demi suksesnya demokrasi Pemilu Legislatif 2009, yang tanpa menyoal risikonya.

Memang keluarganya mengakui, sebelum masuk rumah sakit, Suhartini mempunyai gejala tekanan darah tinggi. Hanya karena tugas, dia tidak menyangka bakal mengalami sakit.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: