Radio Pas Pati 101 FM

Saluran Informasi Warga Pati

    • 52,694 hits
  • network
    Daftar Domain Gratis disini...
  • RSS BERITA TERBARU

    • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.
  • Network

    network network
    Cari Duit Hanya 15 Menit...

Caleg Berupaya Pengaruhi KPU Untuk Mendulang Perolehan Suara

Posted by pasfmpati pada April 21, 2009

pasfmpati.net [Pati, Kota] – Para caleg terutama yang mencalonkan untuk DPR RI, terus berupaya mempengaruhi anggota KPU dan PPK di Kabupaten Pati. Mereka merayu penyelenggara Pemilu 2009 di Kabupaten Pati ini, untuk mendulang perolehan suaranya, untuk lolos ke senayan.

Tinggi persaingan perolehan suara antar caleg, KPU dan sejumlah PPK di Kabupaten Pati, sering mendapat tawaran dari para caleg untuk membeli suara. Mereka tidak hanya menghubungi melalui seluler, tetapi juga ada yang mengaku akan datang bertemu langsung, apabila keinginannya dapat dipenuhi.

Ketua KPU Kabupaten Pati, Pramudya Budi Listiyantoro mengaku, tawaran tersebut terjadi sejak rekapitulasi perolehan suara di tingkat PPK, sampai menjelang penghitungan suara di tingkat KPU. Mereka menjanjikan memberikan nilai rupiah sesuai permintaan KPU, asal perolehan suaranya dapat bertambah. “Bahkan di tingkat kecamatan pun seperti itu, ada caleg datang kemudian menawari  uang hingga sekian ratus juta , untuk memenangkan dia. Tapi alhamdulillah, dari jajaran KPU, PPK, hingga PPS dan KPPS saya jamin tidak akan terbeli. Dan kami akan tetap komitmen pada penegakkan demokrasi ini”, kata Pramudya.

Pramudya Budi Listiyantoro mengakui, memang ada kesalahan dalam penghitungan rekap, tetapi hal tersebut bukan untuk menggelembungkan atau menjual-belikan suara. Akibat waktu yang panjang dan melelahkan serta rumitnya rekapitulasi, bisa saja salah dalam pengisiannya.  Namun semua kesalahan telah terkoreksi di tingkat PPK, sebelum diserahkan ke KPU. “Segera saja setelah mengetahui adanya kesalahan, langsung dilakukan koreksi. Sehingga kegiatan di rekapitulasi ditingkat KPU, kami yakin semuanya telah selesai di tingkat kecamatan”, ujar Ketua KPU Pati.

Sementara rapat pleno terbuka rekapitulasi penghitungan suara caleg DPR RI, DPD, DPRD Propinsi dan DPRD Kabupaten, dijaga dua pleton pasukan pengendalian masa Polres Pati, dilengkapi satu unit armada pemadam kebakaran.  Hal ini menyusul isu akan adanya aksi dari kelompok yang tidak puas atas penghitungan suara  di KPU.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: