Radio Pas Pati 101 FM

Saluran Informasi Warga Pati

    • 52,732 hits
  • network
    Daftar Domain Gratis disini...
  • RSS BERITA TERBARU

    • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.
  • Network

    network network
    Cari Duit Hanya 15 Menit...

Hari Kartini, PNS Upacara Kenakan Kebaya

Posted by pasfmpati pada April 21, 2009

pasfmpati.net [Pati, Kota] – Berbeda dengan hari-hari biasa, pemandangan di setiap ruangan kerja dilingkungan Setda Pati, pada hari Selasa,  21 April 2009. Beberapa kaum perempuan yang bekerja sebagai PNS, tidak mengenakan pakaian dinas seperti yang dipakai seharianya, tapi mereka mengenakan pakaian kebaya.  Pemandangan tersebut, sebagai wujud kaum perempuan untuk kembali menumbuhkan kembali peringatan Hari Kartini yang dinilai semakin luntur.

Diawali dengan pembacaan riwayat singkat Raden Ajeng Kartini, menandai peringatan hari Kartini tingkat Kabupaten Pati, di Halaman Setda Pati. Hampir seluruh peserta upacara peringatan hari Kartini semuanya perempuan, tak terkecuali komandan upacaranya.

Dalam sambutannya Bupati Pati Tasiman mengatakan,  perjuangan Kartini terlibat tidak hanya  ketika masih kecil. Tapi juga ketika memasuki masa pingitan dibalik tembok yang menghalangi sudut pandangnya.  Justru masa pingitan itu, menyulut semangatnya dan inovasi Kartini, dalam membebaskan belenggu kebijakan, kebodohan dan keterbelakangan kaumnya. “Pada jamannya eksistensi wanita dihimpit oleh tatanan, tradisi kolot yang sangat mengikat, sehingga tidak ada kebebasan dan keleluasaan ekspresi. Kartini salah satu putri Raden Mas Adipati Sosroningrat Bupati Jepara, dikenal sebagai wanita yang enerjik, dan suka akan kemajuan, serta tidak mau melihat kaum perempuan Indonesia terbelenggu dalam kegelapan. Ia pun akhirnya berontak menjadi wanita pejuang yang berusaha mengangkat derajat dan martabat kaumnya”, kata Bupati Tasiman.

Bupati Tasiman juga mengharapkan kerja keras dan keuletan yang lebih gigih dari kaum perempuan khususnya di Kabupaten Pati, untuk mengemban tugas di masa mendatang.  Menyinggung pelaksanaan Pilpres mendatang, Bupati Pati berharap tidak seburuk pelaksanaan  Pemilihan Legislatif yang baru usai. Dalam upacara peringatan Hari Kartini tersebut, Wakil Bupati Kartina Sukawati, Sekda Sri Merditomo, serta seluruh Kabag, Kepala Kantor, Dinas dan Badan dilingkungan Setkab Pati.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: